dr. Karolin Margret: Pemuda Katolik Unggul Menuju Indonesia Maju

Ketua Umum PP Pemuda Katolik dr. Karolin Margret Natasa

JAKARTA-Pemuda Katolik akan menggelar Kursus Kepemimpinan Lanjut (KKL) Tingkat Nasional dan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II Pemuda Katolik pada tanggal 20-24 April 2021.

Acara yang dilaksanakan secara online (daring) itu mengambil tema “Pemuda Katolik Unggul Menuju Indonesia Maju”.

Ketua Umum PP Pemuda Katolik dr. Karolin Margret Natasa menjelaskan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir Pemuda Katolik secara masif dan berkelanjutan telah melaksanakan berbagai agenda konsolidasi organisasi di hampir seluruh provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Bahkan pembentukan pengurus terus dilanjutkan hingga tingkat Kecamatan dan Desa.
Setelah tahapan konsolidasi organisasi, Pemuda Katolik semakin siap untuk memasuki tahap berikutnya, yaitu: menyelenggarakan program kaderisasi di setiap tingkatan mulai dari melaksanakan Masa Penerimaan Anggota (MAPENTA), Kursus Kaderisasi Dasar (KKD) di Komisariat Cabang atau tingkat Kab/Kota, Kursus Kepemimpinan Menengah (KKM) di Komisariat Daerah atau tingkat Provinsi dan Kursus Kepemimpinan Lanjut (KKL) di tingkat Nasional yang diselenggarakan secara online yaitu Serial I pada hari Selasa tanggal 20 April 2021 (Pembukaan) Serial II tanggal 22 April 2021, Serial III tanggal 23 April 2021 (Penutupan).

Baca :  Cegah Covid-19, GEMA MKGR Kota Bekasi Sosialisasi Himbauan Pemerintah

Menurutnya, KKL dilakukan sebagai kewajiban organisasi dalam melaksanakan dan merealisasikan kaderisasi setiap jenjang formal organisasi untuk mendidik dan melatih kader-kader Pemuda Katolik.

Harapannya, melahirkan kader Pemuda Katolik yang berkualitas dan berdaya saing dalam berkiprah serta sistem distribusi kader yang terencana dan berkesinambungan untuk menjawab berbagai tantangan dan kebutuhan di tengah masyarakat dan bangsa.

Dalam konteks situasi tersebut maka dibutuhkan kesatuan gerak langkah organisasi di setiap tingkatan.

Oleh karena itu rangkaian kegiatan KKL dan Rapimnas II juga diselenggarakan untuk:

1. Menyusun dan menetapkan kebijakan terkait perjalanan organisasi, serta merumuskan sikap organisasi terhadap isu-isu strategis dan kontekstual dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

2. Mengkoordinasikan pelaksanaan program kerja hasil Rakernas Pemuda Katolik 2019, khususnya dalam hal program kaderisasi dan distribusi kader.

Sementara itu, Ketua SC/OC KKL & Rapimnas II Bondan Wicaksono mengatakan KKL dan Rapimnas II 2021 akan dihadiri oleh pimpinan/pengurus Komisariat Daerah (Provinsi) dari Aceh hingga Papua, Pengurus Pusat, Pastor Moderator dan Penasehat, serta para peninjau dan undangan serta misa syukur untuk menutup rangkaian kegiatan nasional tersebut.
Hal ini terkait dengan situasi dan kondisi negara kita yang masih berjuang untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Baca :  Intan: Perlu Kebijakan Extraordinary Demi Selamatkan Rakyat

Pemuda Katolik turut merasakan berbagai kesulitan yang dihadapi masyarakat dan jajaran pemerintahan.

Tingginya angka kasus positif Covid-19 dan besarnya jumlah korban meninggal dunia merupakan bencana pandemi yang luar biasa bagi negara kita dan berbagai negara lainnya.

Tutupnya perkantoran serta tempat usaha, gelombang PHK dan menurunnya pendapatan masyarakat berdampak langsung pada kondisi sosial melemahnya perekonomian.

Pemuda Katolik melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang dibentuk Pengurus Pusat (PP) Pemuda Katolik, pengurus dan anggota Komda, Komcab, Komacab (Kecamatan), dan Ranting (Desa) telah terlibat dalam berbagai kegiatan penyuluhan pencegahan Covid-19 dan penyaluran bantuan sosial bagi warga masyarakat yang membutuhkan.

Protokol pencegahan penularan Covid-19 juga diwujudkan dengan menunda seluruh kegiatan yang berbentuk pengumpulan anggota dalam jumlah besar, serta melakukan kegiatan konsolidasi dan kaderisasi secara online (daring).

Baca :  Semester I-2020, Laba Bersih KINO Turun Jadi Rp118,64 Miliar

Kedisiplinan adalah kunci utama pencegahan penularan Covid-19, serta Pemuda Katolik mendukung upaya pemerintah dalam program vaksinasi kepada masyarakat guna menekan jumlah penyebaran serta daya tahan masyarakat melalui herd imunnity.

Rangkaian KKL dan Rapimnas II Pemuda Katolik meliputi : Pembukaan serial KKL, Seminar Nasional, Sidang Rapimnas dan Misa Syukur.

Saat ini Panitia KKL dan Rapimnas II tengah bekerja untuk mempersiapkan kegiatan.

“Untuk itu kami memohon dukungan semua pihak : Bapa Uskup, Romo, pemerintah pusat dan daerah, senior, alumni, donatur, tokoh masyarakat, umat, seluruh jajaran pengurus dan anggota Komda, Komcab, Komacab dan Ranting, agar seluruh rangkaian persiapan dan pelaksanaan kegiatan dapat berjalan lancar dan sukses,” tutupnya.