BBNI Alokasikan Likuiditas Rp12,9 Triliun Saat Lebaran

Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Mei 2021 menurun.
Ilustrasi

JAKARTA-PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) menyiapkan uang tunai mencapai Rp12,9 triliun untuk memenuhi peningkatan kebutuhan nasabah selama sepekan saat libur panjang Lebaran 2021.

Menurut Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BNI, YB Hariantono dalam keterangan resmi perseroan, BBNI akan mengalokasikan uang tunai hingga sebesar Rp12,9 triliun untuk memenuhi kebutuhan dana di mesin-mesin ATM BNI yang sebesar Rp8,57 triliun.

“Uang tunai tersebut juga akan menutup tambahan kebutuhan uang tunai di outlet-outlet kami. Pada musim libur Lebaran kali ini diperkirakan mencapai Rp4,34 triliun,” ujar Hariantono, Jakarta, Jumat (7/5).

Dia mengatakan, BBNI terus memperkuat layanan digital seiring dengan perubahan perilaku nasabah yang sangat tergantung pada layanan elektronik selama masa pandemi Covid-19.

Baca :  Gaji Sebulan Rp2 Juta Bisa Punya Rumah, Simak Tips Dari BBNI

Penguatan layanan digital tersebut dilakukan dengan menambah berbagai fitur digital channel.

“Sebagai product champion BNI saat ini, BNI Mobile Banking dilengkapi fitur yang dapat memudahkan masyarakat dalam berbagi berkah pada momen sebesar Hari Raya Idul Fitri. Masyarakat dapat menggunakan fitur TRANSFER yang dapat mengirimkan uang, baik ke sesama rekening BNI ataupun ke rekening bank lain,” ujar Hariantono.

Terdapat juga fitur baru, yaitu DiKado yang dapat berbagi dengan mengirimkan digital kado disertai dengan kartu ucapan.

“Kadonya pun beragam, seperti transfer uang tunai, top up GoPay atau LinkAja, top up pulsa hingga tarik tunai tanpa kartu (Mobile Tunai),” ucapnya.

Sementara itu, menurut Direktur Layanan dan Jaringan BNI, Ronny Venir, saat periode libur panjang Lebaran, BBNI tetap membuka 197 outlet pada 12 Mei 2021, serta sebanyak 24 outlet kembali beroperasi secara terbatas pada 14 Mei 2021.

Baca :  Vsat HTS Solusi Perbankan Kejar Efisiensi

Dia mengatakan, seluruh outlet BBNI hanya tutup beroperasi pada 13 Mei 2021.

“Nasabah tetap dapat menikmati layanan dan bertransaksi melalui fitur digital channel yang tetap beroperasi selama masa cuti bersama, seperti penarikan tunai 7×24 jam di seluruh ATM/CRM BNI, SMS Banking, Internet Banking, serta BNI Mobile Banking,” ujar Ronny