Johnny Plate: UMKM Harus Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Menteri Kominfo Johnny Gerard Plate melalui siaran virtual ketika memberikan sambutan acara Kilau Permata Flobamora di Kominfo TV pada Jumat (18/6/2021)

LABUAN BAJO-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) membentuk Forum Ekonomi Digital Kominfo untuk mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bangkit kembali dari dampak pandemi COVID-19.

Forum ini dihadiri oleh 11 operator digital yang sepakat menjadikan UMKM Indonesia menjadi tuan rumah di negaranya sendiri.

“Ruang digital, disinyalir potensi dagang daring yang dilakukan dapat menjadi lebih besar daripada sebelumnya. Mengingat daya jangkau yang menembus batas wilayah daerah bahkan bisa mencapai negara lain,” ujar Menkominfo Johnny G. Plate dalam acara Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), Jumat (18/6).

Pemerintah saat ini juga memiliki 348 ribu kilometer panjang kabel fiber optik, 9 satelit sebagai jaringan telekomunikasi dan membangun Base Transceiver Station (BTS) 4G sehingga jaringan komunikasi bisa diakses di berbagai daerah.

Baca :  Jokowi: UU Cipta Kerja Memperbaiki Taraf Hidup Pekerja

Kominfo juga berkomitmen untuk melakukan pelatihan digital kepada seluruh pelaku UMKM dengan menggandeng sejumlah pemilik platform digital sehingga para pelaku UMKM di berbagai pelosok Tanah Air dapat melakukan kegiatan dagang daring secara optimal ke depan.