Metrodata Academy-Universitas Ciputra Berkolaborasi Luncurkan Program Pelatihan Digital

Prof. Dra. Jenny Lukito Setiawan, MA. (Master of Art), PhD., Psikolog, (WR 3 Bidang Kemahasiswaan dan Center); Ir. Yohannes Somawiharja, M.Sc (Rektor); Dr. Ir. Denny Bernardus, M.M (Executive Board Yayasan Ciputra Pendidikan); Marlina, S. Kom, M.M (Head of Metrodata Academy); Dr. Trianggoro Wiradinata, S.T., M.Eng.Sc. (Dean, School of Information Technology); Laij Victor Effendi, SE., MM., CMA. (WR 2 Bidang Operasional); dan Prof. Dr. Ch. Whidya Utami, SE., MM., CPMA. (WR 1 Bidang Akademik).

SURABAYAPT Mitra Integrasi Informatika, salah satu entitas anak PT Metrodata Electronics Tbk (IDX: MTDL) yang fokus dibidang Bisnis Solusi & Konsultasi, melalui divisinya yang berkaitan dengan pendidikan khususnya dalam bidang TI yaitu Metrodata Academy turut mendukung program pelatihan talenta digital berkolaborasi dengan Universitas Ciputra, Surabaya.

Pelatihan digital diperlukan untuk memperkuat kemampuan SDM Indonesia.

Hal ini tidak dapat tercapai jika hanya dilakukan oleh pemerintah, namun diperlukan kolaborasi dengan perguruan tinggi, swasta dan pemerintah.

Dalam kolaborasi tersebut, Metrodata Academy akan memberikan 4 (empat) program, yaitu: Metrodata Training, Metrodata IT Camp, Metrodata Internship, dan Metrodata Mengajar.

“Salah satu bentuk kerjasama Metrodata Academy dan Universitas Ciputra adalah dalam penyelenggaraan Surat Keterangan Pendamping Ijazah atau SKPI bagi mahasiswa Universitas Ciputra,” ujar Director PT Mitra Integrasi Informatika, Herryanti Herman dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/6).

Baca :  Solusi Digital Payment Platform, MII Dukung Program BI FAST

“Sebagai mitra resmi dari brand teknologi besar seperti Microsoft, Oracle, EC-Council, Red Hat, serta CompTIA, Metrodata Academy akan memberikan pilihan sertifikasi berstandar internasional bagi mahasiswa sebagai bekal memasuki dunia kerja dimasa depan,” terangnya.

Berbekal pengalaman PT Metrodata Electronics, Tbk lebih dari 45 tahun, Metrodata Academy dan Universitas Ciputra akan bahu membahu membuka kesempatan bagi seluruh mahasiswa di Surabaya dan Jawa Timur, maupun profesional yang ingin mendapatkan pelatihan dan sertifikasi dari brand teknologi kelas dunia.

“Sehingga mahasiswa siap dalam menghadapi kebutuhan industri dengan kemampuan literasi digital yang sudah dipelajari sebelumnya,” tuturnya.

Metrodata sebagai salah satu perusahaan TI terbesar di Indonesia berkomitmen ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya pengembangan potensi talenta digital, baik untuk IT Professional maupun mahasiswa.

Baca :  Kemenperin Kembangkan Teknologi Sistem Pemantauan Air Limbah dan Emisi Real Time

Didukung oleh Principal dan lisensi training center, Metrodata menghadirkan pembelajaran oleh tim yang kompeten dan tersertifikasi dibidangnya.

Selain itu, Metrodata Academy menjalankan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Merdeka Belajar, yaitu Kampus Merdeka dengan mengubah ruang kelas, guru dan murid tidak terbelenggu sekat-sekat dinding sekolah.

“Program magang dan kelas pembelajaran (Metrodata Coding Camp dan Metrodata Security Camp) melalui pembelajaran TI yang inovatif, kreatif dan kolaboratif agar mampu bersaing dalam menghadapi revolusi industri 4.0”, ujar Marlina Je, Head of Metrodata Academy PT Mitra Integrasi Informatika.

Peluncuran kerjasama tersebut juga bertepatan dengan pelantikan Rektor dan Wakil Rektor Universitas Ciputra periode 2021-2025 di Surabaya.

“Setelah sukses bekerjasama dengan Apple Incorporation pada tahun 2019 dengan mendirikan Apple Developer Academy at UC, saat ini Universitas Ciputra terus berinovasi dan mengembangkan kerjasama,” kata Dekan Fakultas Teknologi dan Informasi Universitas Ciputra, Dr. Trianggoro Wiradinata, S.T., M.Eng.Sc.

Baca :  Industri TPT Jadi Sektor Strategis dan Prioritas

“Tahun ini kami mengawali kerjasama dengan Metrodata Group melalui salah satu divisinya Metrodata Academy,” imbuhnya.

Metrodata Academy merupakan produk inovasi dan kreatif yang di inisiasi dari koloborasi Application Development Division, Certified Training, HR dan Managed Service Business Unit.

Metrodata Academy tetap mengacu pada area Pendidikan dimana Pendidikan tidak hanya dilakukan dalam lingkungan kampus, namun dapat dilakukan melalui pelatihan diluar kampus.