Respons Kebutuhan Digitalisasi Publik, EXCL Perluas Jaringan di Sulut

Tidak ada transaksi yang telah dilaksanakan oleh perseroan sehubungan dengan saham PT Link Net Tbk
Ilustrasi

JAKARTA-PT XL Axiata Tbk (EXCL) memutuskan untuk melakukan perluasan jaringan data di Sulawesi Utara yang membutuhkan fasilitas digitalisasi di tengah melebarnya potensi pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di provinsi ini.

Menurut Group Head East Region XL Axiata, Dodik Ariyanto dalam siaran pers yang dikirim melalui surat elektronik, Jakarta, Jumat (25/6), EXCL berkomitmen mendukung pemerintah dalam melakukan pemerataan penyediaan jangkauan jaringan pita lebar ke seluruh Indonesia.

“XL Axiata serius untuk meningkatkan layanan telekomunikasi dan data di wilayah Sulawesi Utara. Hasil dari perluasan jaringan yang kami laksanakan, saat ini layanan XL Axiata di Sulawesi Utara sudah dijangkau 100 persen dengan jaringan 4G di 97 kecamatan dan 776 desa. Khusus di wilayah ini, XL Axiata telah menambah 161 BTS 4G,” papar Dodik.

Baca :  EXCL Prediksi Trafik Jaringan Naik 20% Saat Ramadhan dan Lebaran

Dia menambahkan, saat ini EXCL memiliki lebih dari 1.000 BTS di Sulawesi Utara  (Sulut) yang tersebar di empat kota dan tujuh kabupaten, sehingga seluruh area di Sulawesi Utara telah terlayani jaringan BTS 4G.

Pelanggan terbanyak ada di Kota Manado, yakni lebih dari 63 ribu pelanggan, selanjutnya Kabupaten Minahasa sebanyak 30 ribuan pelanggan dan Minahasa Utara sebanyak 22 ribuan pelanggan.

“Perluasan ini akan terus dilakukan, agar layanan bisa lebih merata dalam menjangkau area-area dengan potensi ekonomi besar, termasuk sejumlah area destinasi wisata dan kawasan industri,” ucap Dodik.

Selama kurun dua tahun terakhir, trafik layanan data EXCL meningkat sebesar 183 persen. Dodik menyampaikan, trafik ini berpotensi untuk terus meningkat, karena masyarakat Sulawesi Utara pada umumnya semakin bergantung pada berbagai layanan digital.

Baca :  EXCL Upgrade Kapasitas BTS Hingga Fiberisasi di Bali

Belum lagi, anak-anak sekolah dan mahasiswa juga mesti mengikuti pembelajaran jarak jauh.

Sampai saat ini, pelaksanaan program fiberisasi yang dilakukan EXCL di Sulawesi Utara mencapai 22 persen dari BTS yang ada di wilayah tersebut.

“Jika jalan tol yang saat ini dibangun dari Danowudu ke Bitung sudah selesai dan dioperasikan, maka aktivitas ekonomi akan semakin meningkat,” kata Dodik.

Dia menambahkan, EXCL telah mengoperasikan 58 BTS 3G/4G di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Manado-Bitung-Likupang.

Kini, XL Axiata memiliki sejumlah produk yang dimanfaatkan masyarakat, termasuk untuk para pelajar dan mahasiswa dengan manfaat UNLIMITED NELPON DAN SMS ke nomor XL dan AXIS.

Baca :  EXCL Tegaskan Tak Ada Transaksi Pembelian Saham Link

Sementara itu, pada produk unggulan prabayar, terdapat AXIS BOY yang terkenal di kalangan pelajar.

Pelanggan bisa menikmati beragam kuota bonus untuk edukasi, seperti Udemy, Ruang Guru, Zenius dan Sekolahmu.

Ada pula kuota conference, seperti Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout dan Google Classroom, serta kuota game hingga Tiktok.

Lebih lanjut Dodik menyampaikan, penguatan jaringan EXCL di Sulawesi Utara merupakan bagian dari penguatan jaringan di seluruh Sulawesi, serta Kawasan Timur Indonesia.

Di seluruh Sulawesi, XL Axiata memiliki lebih dari 7 000 BTS yang sebanyak 40 persen di antaranya adalah BTS 4G melayani lebih dari 2,5 juta pelanggan.