Aset Capai Rp7,7 Triliun, Bank Milik Lestari Group Klaim Siap Berkompetisi

PT BPR Lestari Bali

JAKARTA-Pasca menjalin kerjasama dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) dalam penggunaan application programming interface (API) Transfer dan Virtual Account Danamon, PT BPR Lestari Bali meyakini bisa berkompetisi di industri perbankan, lantaran ditopang total aset mencapai Rp7,7 triliun.

Menurut Chairman Lestari Group, Alex P Chandra dalam siaran pers yang dikirim melalui surat elektronik, Jakarta, Jumat (2/7), bisnis perbankan BPR Lestari di Pulau Jawa dan Bali mampu mendongkrak total aset perseroan menjadi Rp7,7 triliun hingga awal Juli 2021.

Sebelum berganti nama menjadi BPR Lestari, bank milik Lestari Group ini bernama BPR Sri Artha Lestari yang nyaris bangkrut.

“BPR Sri Artha Lestari waktu itu asetnya cuma Rp300 juta. Kredit macetnya hampir 70 persen,” ucap Alex.

Baca :  EXCL Tegaskan Tak Ada Transaksi Pembelian Saham Link

Dia menyebutkan, selama empat tahun pertama keberadaan BPR Lestari yang berpusat di Kota Denpasar, perseroan mengalami kesulitan dalam membangun kepercayaan publik.

“Mencari nasabah susah. Mencari karyawan juga tidak ada yang mau bekerja bersama kami,” ujarnya.

Namun, kenang Alex, pada 2003 menjadi momentum kebangkitan BPR Lestari, ketika ada nasabah yang menempatkan deposito senilai Rp23 juta.

“I see the light at the end of the tunnel,” kata Alex sembari mengatakan bahwa pada 2005 perseroan bisa mencatatkan total aset Rp54 miliar dan meraih predikat Local Champion di Bali.

Pada tahun ke-22 keberadaan BPR Lestari yang memiliki aset mencapai Rp7,7 triliun, menurut Alex, kinerja keuangan ini sekaligus menepis stigma bahwa BPR sebagai bank gurem.

Baca :  Gandeng Investree, BPR Lestari Salurkan Kredit Berbasis Digital ke UMKM

Bahkan, lanjut Alex, saat ini inovasi dan adaptasi teknologi yang diaplikasikan perseroan dalam layanan perbankan diyakni akan meningkatkan daya saing di industri.

Alex mengklaim, BPR Lestari akan mampu berkompetisi dengan bank-bank besar, meski tidak merinci mekanisme rencana penggalangan dana dalam upaya menyetarakan permodalan perbankan.

“Kami mempunyai mimpi besar, supaya BPR juga nanti dianggap setara dengan bank-bank umum lain. Nanti saya beri tahu rencananya,” kata Alex.