Bayar Sebagian Utang Anak Usaha, TBIG Siap Rilis Obligasi Rp1,2 Triliun

Bayar Sebagian Utang Anak Usaha, TBIG Siap Rilis Obligasi Rp1,2 Triliun
Ilustrasi

JAKARTA-PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) berencana melakukan Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) atas Obligasi Berkelanjutan V Tahap I-2021 sebesar Rp1,2 triliun.

Dana ini akan dipinjamkan kepada anak usaha untuk pembayaran sebagian utang yang mencapai USD375 juta.

Berdasarkan Prospektus Ringkas TBIG yang dipublikasikan di Jakarta, Jumat (16/7), total dana yang akan dihimpun melalu menerbitkan Obligasi Berkelanjutan V mencapai Rp15 triliun.

Sedangkan, pada rencana penerbitan Obligasi Berkelanjutan V Tahap I-2021 nilainya sebesar Rp1,2 triliun.

Obligasi Berkelanjutan V Tahap I-2021 yang diterbitkan tanpa warkat tersebut akan dibagi menjadi dua seri, yakni Seri A bertenor 370 Hari Kalender sejak tanggal emisi dan Seri B memiliki jangka waktu selama selama tiga tahun.

Baca :  Tumbuh Melambat, Posisi ULN USD410,8 Miliar

Pada aksi korporasi ini, manajemen TBIG menunjuk empat penjamin pelaksana emisi obligasi, yakni PT Indo Premier Sekuritas, PT CIMB Niaga Sekuritas, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia dan PT UOB Kay Hian Sekuritas.

Rencananya, dana yang diperoleh dari penerbitan obligasi ini akan dipinjamkan oleh TBIG ke PT Solu Sindo Kreasi Pratama.

Selanjutnya, dana itu akan digunakan oleh anak usaha TBIG tersebut untuk membayar sebagian utang yang terkait dengan fasilitas pinjaman revolving sebesar USD375 juta. Pembayarannya akan dilakukan melalui United Overseas Bank Ltd selaku agen.

Masa penawaran awal atas Obligasi Berkelanjutan V Tahap I-2021 berlangsung selama kurun 16-30 Juli 2021, sedangkan manajemen TBIG berharap bisa meraih pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 9 Agustus 2021.

Baca :  Kenapa Investasi Reksa Dana Kian Diminati di Tengah Pandemi? Ini Alasannya!

Adapun masa penawaran umum diperkirakan pada 12-3 Agustus 2021dan tanggal penjatahan diharapkan pada 16 Agustus 2021.

Sehingga, pencatatan Obligasi Berkelanjutan V Tahap I-2021 bisa terlaksana pada 20 Agustus 2021.