Perkuat Modal, MPPA Siap Private Placement Maksimal 752,91 Juta Saham

Perkuat Modal, MPPA Siap Private Placement Maksimal 752,91 Juta Saham
Ilustrasi

JAKARTA-PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) berencana melakukan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMT-HMETD) alias private placement dengan menerbitkan sebanyak-banyaknya 752.914.792 saham baru.

Berdasarkan keterbukaan informasi MPPA yang dipublikasikan di Jakarta, Rabu (14/7) malam, pelaksanaan rencana private placement MPPA terlebih dahulu akan meminta persetujuan para pemegang saham melalui RUPS Luar Biasa yang akan dilaksanakan besok (16/7) di Karawaci, Tangerang.

Adapun harga pelaksanaan saham tambahan minimal 90 persen dari harga rata-rata penutupan perdagangan saham di pasar regular selama kurun 25 Hari Bursa.

Berdasarkan analisa dari MPPA pada perhitungan di 9 Juni 2021, harga pelaksanaan sekurang-kurangnya Rp891 per saham. Kemarin (14/6), harga MPPA ditutup pada level Rp1.105 per lembar.

Baca :  Harga Saham Bergerak tak Wajar, BEI Pantau Pola Transaksi MPPA dan CBMF

Maka, jika mengacu pada analisa harga pelaksanaan private placement senilai Rp891 per saham, maka pada aksi korporasi ini MPPA bisa meraup dana sebesar Rp670,84 miliar sebelum dikurangi biaya-biaya emisi.

Rencananya, dana hasil penambahan modal tersebut akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan MPPA dalam rangka mendukung pengembangan dan pelaksanaan strategi bisnis ritel, baik offline maupun online.

Selain itu, dana hasil private placement juga akan dimanfaatkan untuk memperkuat struktur neraca MPPA.

Menurut keterangan manajemen MPPA, saham baru Perseroan dalam aksi korporasi ini akan menyasar satu investor atau beberapa investor.

Namun, sejauh ini MPPA belum menentukan investor institusi yang akan menyerap 752,91 juta saham MPPA tersebut.

Baca :  Fitch: PPKM Darurat Tekan Kinerja AMRT, MPPA dan HERO di Kuartal Ketiga

Aksi korporasi ini tidak akan mengubah pengendali MPPA yang saat ini dipegang oleh PT Multipolar Tbk (MLPL).

Setelah pelaksanaan private placement, maka jumlah saham MPPA yang ditempatkan dan disetor penuh akan meningkat menjadi sebanyak 8.282.062.721 lembar.

Maka, kepemilikan saham oleh para investor MPPA akan terdilusi sebesar maksimum 9,09 persen.

Perlu diketahui, penambahan modal MPPA ini bisa dilaksanakan secara sekaligus atau bertahap selama kurun dua tahun terhitung sejak ada persetujuan dari para pemegang saham melalui RUPS-LB.