Gerak IHSG Berpotensi Menguat Lagi, Mainkan Saham Pilihan Analis

saat ini candle shooting star terdeteksi pada chart harian IHSG dan kemungkinan menjadi indikasi bahwa laju indeks mendekati fase akhir dari rally wave [iii]
Ilustrasi

JAKARTA-Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan di akhir pekan ini berpeluang untuk melanjutkan pola penguatan, setelah kemarin bergerak optimistis di zona hijau dan berakhir menguat 0,75 persen ke level 6.205.

Menurut analis PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (RELI), Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah, pergerakan IHSG telah berhasil breakout resistance upper bollinger bands, sehingga laju indeks akan menuju kisaran level resistance 6.210-6.247.

“Indikator Stochastic dan RSI memberi sinyal bullish momentum yang mendekati area overbought (jenuh beli), sedangkan indikator MACD bergerak optimistis mengiringi histogram yang terus menguat,” ujar Lanjar di Jakarta, Jumat (6/8).

Dengan demikian, jelas Lanjar, pergerakan IHSG berpotensi untuk melanjutkan tren penguatan, dengan rentang support-resistance di level 6.170-6.247.

Baca :  Pefindo Tetapkan Peringkat BRPT di Level Single A dengan Prospek Stabil

Reliance Sekuritas merekomendasikan agar para investor mengoleksi saham AGII, BBCA, BBTN, HRUM, ICBP, INCO, SILO dan UNVR.

Perkiraan senada disampaikan oleh analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Suryawijaya yang mengatakan bahwa pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini kembali berpeluang untuk menguat, dengan kisaran support-resistance di posisi 6.123-6.260.

Dia menyebutkan, pengumuman data pertumbuhan ekonomi Indonesia di Kuartal II-2021 yang menunjukkan hasil positif telah mendorong laju IHSG untuk bergerak menguat.

“Saat ini IHSG masih berpotensi untuk melanjutkan kenaikan jangka pendek yang ditopang oleh mulai kembalinya capital inflow. Hari ini IHSG berpotensi bergerak di zona hijau,” kata William.

Lebih lanjut dia mengatakan, potensi kenaikan IHSG pada perdagangan di akhir pekan ini seharusnya bisa disikapi oleh para investor dengan mengakumulasi pembelian saham BBNI, UNVR, BBCA, GGRM, SMRA, ASRI dan INDF.

Baca :  IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Mainkan Saham Rekomendasi Analis