IHSG Berpotensi Kembali Menguat, Mainkan Saham Rekomendasi Analis

saat ini candle shooting star terdeteksi pada chart harian IHSG dan kemungkinan menjadi indikasi bahwa laju indeks mendekati fase akhir dari rally wave [iii]
Ilustrasi

JAKARTA-Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini berpeluang untuk kembali bergerak menanjak, setelah kemarin cukup optimistis bermain di zona hijau dan berakhir menguat sebesar 0,84 persen ke level 6.139.

Menurut analis PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (RELI), Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah di Jakarta, Jumat (13/8), pergerakan IHSG telah mengalami technical rebound yang tepat berada di level support bullish trendline dan Moving Average 20 hari (MA20).

Sehingga, lanjut Lanjar, kondisi tersebut menunjukkan adanya indikasi positif bagi arah pergerakan selanjutnya.

Indikator Stochastic dan RSI masih bergerak pada momentum bearish yang mengiringi laju konsolidasi pada indikator MACD.

“Sehingga, IHSG berpeluang untuk mencoba kembali menguat dengan pergerakan yang terbatas. Adapun rentang support-resistance berada di level 6.107-6.170,” ucap Lanjar.

Baca :  Laju IHSG Diprediksi Kembali Tertekan, Cermati Saham Pilihan Analis

Dengan demikian, jelas dia, adanya potensi penguatan lanjutan pada laju IHSG di perdagangan akhir pekan ini semestinya bisa dimanfaatkan oleh para investor dengan mengoleksi saham AGII, AKRA, ANTM, ESSA, HRUM, INCO, INDF, MIKA, SMRA, TBIG, TINS dan TOWR.

Perkiraan senada disampaikan oleh analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Suryawijaya yang mengatakan bahwa pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini akan kembali bermain di zona hijau.

Adapun kisaran support-resistance berada di level 6.001-6.202.

“Perkembangan dari pergerakan IHSG terlihat masih belum keluar dari rentang konsolidasi wajar, namun peluang kenaikan jangka pendek masih terlihat selama support level terdekat dapat dipertahankan di tengah tekanan yang berlangsung,” papar William.

Baca :  Pasar Saham Menguat, OJK: Sinyal Positif Bagi Indonesia

Dia menambahkan, peluang kenaikan pada laju IHSG di akhir pekan ini juga ditopang oleh capital inflow ke bursa saham domestik.

“Hari ini IHSG masih berpotensi untuk bergerak di zona hijau,” katanya.

Maka, lanjut William, pergerakan IHSG yang sedang berupaya mempertahankan posisi di zona hijau tersebut seharusnya bisa disikapi oleh para investor dengan mengakumulasi pembelian saham ITMG, AALI, INDF, BBCA, TLKM, ASII, JSMR dan SMGR.