Jatuh Tempo Akhir Bulan Depan, Obligasi WSKT Diberi Rating idBBB

PT Waskita Karya

JAKARTA-PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menyematkan peringkat idBBB (Triple B) terhadap dua obligasi PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) yang akan jatuh tempo pada 28 September 2021.

Menurut analis Pefindo, Yogie Surya Perdana dalam riset yang dikutip di Jakarta, Senin (2/8), Pefindo telah menetapkan peringkat idBBB untuk obligasi Penawaran Umum Berkelanjutan II (PUB II) 2016 yang diterbitkan WSKT senilai Rp900 miliar.

Peringkat yang sama juga disematkan ada PUB III-2018 Fase III Seri A senilai Rp761 miliar.

“Kedua obligasi itu akan jatuh tempo pada 28 September 2021. WSKT akan melunasi sepenuhnya obligasi yang akan jatuh tempo tersebut menggunakan dana hasil dari rencana aksi korporasi,” kata Yogie.

Baca :  Tumbuh Melambat, Posisi ULN USD410,8 Miliar

Pefindo juga memberikan peringkat idBBB kepada WSKT sebagai perusahaan, dengan prospek ‘Stabil’.

Yogie mengatakan, Efek utang dengan peringkat idBBB mengindikasikan parameter proteksi yang memadai dibandingkan efek utang Indonesia lainnya.

Namun, jelas dia, kondisi ekonomi yang buruk atau keadaan yang terus berubah dapat melemahkan kemampuan emiten untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang atas efek utang.

Adapun rating idBBB tersebut berlaku selama periode 28 Juli-28 September 2021.

Lebih lanjut Yogie menyampaikan, sejauh ini bisnis utama WSKT adalah menyediakan pekerjaan konstruksi, yang memberikan kontribusi 90 perseb terhadap total pendapatan perusahaan di 2020. Usaha lainnya meliputi, beton pracetak, jalan tol, properti dan energi.

WSKT memiliki jaringan pemasaran dalam negeri yang luas, dengan 33 kantor pemasaran. Struktur pemegang saham WSKT pada 31 Maret 2021 terdiri dari, pemerintah Indonesia sebesar 66, sedangkan sisanya dimiliki oleh publik.

Baca :  Terkatrol Tiga Sentimen, IHSG Bakal Dekati 6.400 di Akhir Agustus