EXCL Komitmen Tak Kurangi Investasi Pembangunan Jaringan 4G

perseroan bertekad mewujudkan transformasi digital di Indonesia yang sejauh ini ditunjukkan dengan pembangunan jaringan 4G hingga ke area-area pelosok.
PT XL Axiata Tbk

JAKARTA-PT XL Axiata Tbk (EXCL) berkomitmen untuk tidak mengurangi aktivitas investasi dalam membangun jaringan 4G di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang sejalan pula dengan kegiatan menggelar jaringan 5G di Indonesia memakai teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS) pada spektrum 1.800 MHz dan 2.100 MHz.

Komitmen tersebut disampaikan oleh Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini dalam siaran pers yang dikutip di Jakarta, Selasa (12/10).

Dian menyatakan, perseroan bertekad mewujudkan transformasi digital di Indonesia yang sejauh ini ditunjukkan dengan pembangunan jaringan 4G hingga ke area-area pelosok.

Bahkan, lanjut Dian, EXCL juga menghadirkan layanan konvergensi pertama di Indonesia, sehingga pelanggan bisa memperoleh kemudahan dalam mengakses internet secara cepat dan stabil.

“Di masa pandemi yang cukup berat secara bisnis, kami tidak mengurangi investasi pembangunan jaringan 4G hingga ke pelosok daerah, sebagai bagian dari implementasi komitmen Membangun Indonesia Digital,” tegasnya.

Baca :  Lebaran Tanpa Mudik, Trafik Data EXCL Menanjak Hingga 35%

Selain itu, menurut Dian, belum lama ini EXCK juga telah lolos uji layak operasi untuk menggelar jaringan 5G dan saat ini 5G XL Axiata sudah tersedia di sembilan lokasi yang tersebar di delapan kota besar di Indonesia.

“Kami terus melakukan transformasi digital yang masif guna menciptakan berbagai layanan yang semakin memudahkan masyarakat dalam mengadopsi kehidupan digital di berbagai bidang,” imbuhnya.

Salah satu produk layanan unggulan EXCL adalah layanan konvergensi XL SATU yang menyatukan layanan internet cepat dan stabil berbasis fiber optik dengan layanan berbasis selular.

Dian menyampaikan, digitalisasi di berbagai bidang akan terus meluas, karena terbukti mampu mendorong produktivitas.

“Jika ingin meraih manfaat dari digitalisasi, masyarakat Indonesia perlu bertransformasi”.

Baca :  EXCL Tegaskan Tak Ada Transaksi Pembelian Saham Link

Perlu diketahui, jaringan telekomunikasi dan data XL Axiata sudah menjangkau lebih dari 60.800 desa/kelurahan di lebih dari 5.700 kecamatan, serta 459 kota/kabupaten di semua provinsi dari Sabang sampai Merauke.

Total jaringan backbone fiber optik milik EXCL lebih dari 103 ribu kilometer yang mendukung 156 ribu BTS, termasuk 65 ribu di antaranya BTS 4G untuk melayani 56 juta pelanggan.

Lebih lanjut Dian mengatakan, pada hari jadi EXCL yang ke-25 pada tahun ini, perseroan.mengenalkan layanan kovergensi pertama di Indonesia, yaitu XL SATU Lite yang merupakan pengembangan dari layanan XL SATU Fiber yang dikenalkan sejak awal Juni 2021.

“Dengan XL SATU Lite, pelanggan bisa mendapatkan layanan internet rumah yang super cepat menggunakan koneksi berteknologi wireless broadband dan ditambah mendapatkan kuota selular besar yang bisa digunakan hingga empat anggota keluarga tergantung paket yang dipilih,” kata Dian.

Baca :  Pemerintah Perluas Jaringan 5G di KSPN, Termasuk Labuan Bajo

Sebelumnya, ucap Dian, pada XL SATU Fiber, hanya pelanggan yang rumahnya berada di jangkauan XL HOME Fiber saja yang bisa menikmati layanan ini.

“Kini dengan XL SATU Lite, kami bisa menjangkau seluruh keluarga Indonesia di berbagai kota/kabupaten,” ujarnya.

Pada peluncuran perdana paket layanan konvergensi XL SATU Lite, tersedia lima paket yang ditawarkan, yakni Paket Value, Smart, Family, Super User dan Ultimate.

Sementara itu untuk XL SATU Fiber, pelanggan bisa mendapatkan internet rumah super cepat dan tanpa batas berteknologi fiber optik, ditambah dengan kuota selular besar yang bisa digunakan hingga lima anggota keluarga.