Sambut Pariwisata dan KTT G20 di Bali, EXCL Kenalkan Jaringan 5G

Ilustrasi

JAKARTA-PT XL Axiata Tbk (EXCL) memastikan jaringan di Pulau Bali dalam kondisi prima untuk menyambut pembukaan kembali aktivitas pariwisata, bahkan perseroan akan mulai memperkenalkan jaringan 5G di Pulau Dewata yang menjadi lokasi prioritas implementasi jaringan baru ini.

“XL Axiata sangat antusias dengan rencana pembukaan kembali pariwisata. Untuk itu, jaringan XL Axiata sudah kami siapkan guna menyambut segala keperluan mendukung kembalinya para wisatawan baik domestik maupun mancanegara,” kata Direktur Teknologi & Chief Teknologi Officer EXCL, I Gede Darmayusa dalam siaran pers yang dikutip Kamis (14/10).

Gede menyebutkan, saat ini EXCL sudah mengoperasionalkan lebih dari 6.600 BTS di Bali. Sebanyak 2.400 BTS di antaranya merupakan BTS 4G.

Baca :  EXCL Lunasi Obligasi dan Sukuk 2018 Sebesar Rp868,31 Miliar

“Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat, mengingat sejauh ini kami juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Bali,” ucapnya.

Meski dalam kondisi pandemi, kata Gede, EXCL tetap melakukan pembangunan jaringan di Bali, baik untuk peningkatan kualitas layanan data dan suara di wilayah perkotaan maupun perluasan ke area-area yang belum terjangkau.

Sebanyak 716 desa/kelurahan di 57 kecamatan dan sembilan kabupaten/kota kini telah terlayani oleh layanan 4G XL Axiata.

Menurut Gede, sebagai destinasi wisata kategori super prioritas sesuai penetapan pemerintah, EXCL juga akan memprioritaskan peningkatan infrastruktur di Bali.

Apalagi, provinsi ini akan kembali menjadi lokasi penyelenggaraan KTT G20 di 2022.

Baca :  Fitch: Akuisisi LINK oleh EXCL Bakal Ubah Lanskap Kompetisi Telko di RI

Dia mengungkapkan, selama setahun terakhir, trafik data EXCL di Bali meningkat 16 persen, dengan kenaikan trafik tertinggi ada di Singaraja dan Denpasar.

Sejak Bali dibuka kembali untuk wisatawan domestik pada awal Agustus 2021, trafik layanan data di jaringan 4G XL Axiata juga terlihat terus meningkat.

Lebih lanjut Gede mengatakan, EXCL sudah mulai melakukan pengenalan jaringan 5G di Bali dalam bentuk edukasi kepada masyarakat.

“Acara ini merupakan salah satu tahapan dari persiapan XL Axiata untuk menggelar layanan 5G secara komersial dan massif,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menyatakan bahwa EXCL lolos Uji Laik Operasi (ULO) untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia.

Baca :  EXCL Prediksi Trafik Jaringan Naik 20% Saat Ramadhan dan Lebaran

Selain Medan, Banjarmasin dan Makassar, sejak 18 Agustus 2021, demo 5G XL Axiata juga sudah tersedia di Jakarta, Depok, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Saat ini EXCL memiliki lebih dari 56 juta pelanggan yang ditopang lebih dari 156 ribu BTS, termasuk lebih dari 65 ribu BTS 4G.

Jaringan 4G LTE XL Axiata yang terus diperluas, sehingga saat ini sudah mencapai 458 kota/kabupaten.

“XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan dan berbagai upgrade jaringan,” kata Gede.