HDFA Siap Private Placement 445, 47 Juta Saham

PT Radana Bhaskara Finance Tbk

JAKARTA-PT Radana Bhaskara Finance Tbk (HDFA) berencana melakukan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMT-HMETD) alias private placement dengan menerbitkan sebanyak 445,47 juta saham.

Berdasarkan keterbukaan informasi HDFA yang dipublikasi di Jakarta, Jumat (19/11), dalam rangka pelaksanaan PMT-HMETD tersebut perseroan berencana menerbitkan sebanyak 445.473.000 saham bernilai nominal Rp100 per lembar. Sedangkan, harga pelaksanaan telah ditetapkan sebesar Rp200 per saham.

Rencananya, pelaksanaan penambahan modal melalui mekanisme private placement tersebut akan dilakukan pada 26 November 2021.

Aksi korporasi ini sudah mendapatkan persetujuan dari para pemegang saham HDFA melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) pada 24 Juni 2021.

Saat ini, mayoritas saham HDFA atau sebesar 59,26 persen dimiliki oleh Rubicon Investments Holding Pte Ltd, sedangkan PT Tiara Marga Trakindo memiliki sebanyak 39,87 persen dan publik hanya memegang 0,87 persen atau jauh di bawah batas minimal free float yang sebesar 7,5 persen.

Baca :  Peluang Investasi di Pasar Obligasi dan Saham Paska Fed Tapering

Pada rencana private placement ini, perseroan telah menetapkan harga pelaksanaan sebesar Rp200 per saham, sehingga pada aksi korporasi ini HDFA akan meraup dana sebesar Rp89,09 miliar.

Adapun pemberitahuan hasil pelaksanaan PMT-HMETD akan dilakukan pada 30 November 2021.

Strategi bisnis HDFA di sepanjang 2021 terfokus pada ekspansi bisnis pembiayaan produktif untuk factoring maupun pembiayaan Asset Based Finance (ABF), memperkuat sumber pendanaan dengan pihak kreditor, berinovasi produk dan proses bisnis secara end-to-end, meningkatkan utilisasi ekosistem digital maupun proses otomasi untuk mendukung bisnis baru, serta menerapkan efisiensi biaya.