Polisi Kembangkan Kasus Penipuan Dengan Mencatut Nama Kapolres Tangsel

Kapolres Tangsel, AKBP Iman Imanudin

TANGERANG-Kepolisian Resor Tangerang Selatan (Tangsel), masih mengembangkan kasus penipuan dengan modus transfer yang  mengatasnamakan Kapolres Tangsel, AKBP Iman Imanudin sebagai penerima uang.

Kapolres Tangsel, AKBP Iman Imanudin menjelaskan, pelaku yang telah diamankan itu, juga turut mencatut sejumlah nama pejabat daerah lainnya.

“Pelaku juga mencatut nama pejabat lain atas nama Dandim dan Kementerian. Korbannya juga sudah ada beberapa yang laporan,” terang Kapolres Tangsel, AKBP Iman Imanudin Kamis 25 November 2021.

Dari aksinya itu, pelaku berinisial SPS yang telah diamankan tersebut, mampu meraup keuntungan dari hasil menipu hingga Rp164 juta.

“Nominal uang yang diminta ke korban bervariasi, antara Rp4 sampai Rp164 juta. Dia meminta korban uang tersebut ditransfer. Lengkapnya akan kita ungkap saat rilis nanti,” jelasnya.

Dia menyebutkan, dalam aksinya pelaku SPS, mencatut sejumlah nama pejabat daerah untuk mendapatkan uang yang diminta pelaku melalui pesan singkat whatsapp.

“Pelaku menggunakan nama dan foto pejabat yang dicatut. Salah satunya dia pakai foto saya untuk meminta uang ke korban,” terang Iman.

Sebelumnya diberitakan,Nama Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Iman Imanudin dicatut untuk menerima pengiriman uang secara transfer, oleh oknum pelaku penipuan tidak dikenal.

Kejadian itu, diduga telah terjadi lama dan memakan banyak korban.

“Sudah ditangkap tadi malam,” kata Kapolres Tangsel, AKBP Iman Imanudin, Senin 22 November 2021.

Iman mengaku, belum mengetahui pasti ikhwal pencatutan nama dan jabatannya sebagai Kapolres Tangsel, yang dijadikan objek penipuan modus transfer dana oleh orang yang telah diamankan itu.

“Coba saya cek dulu di reskrim, saya masih di luar. Yang jelas kemarin mengaku saya, sudah lidik dan sudah banyak juga korbannya. (Baru kali itu) engga,  sudah berulang kali korbannya ada Polisi sama TNI,” ucap dia.

Sementara T, warga Pamulang, Kota Tangerang Selatan, mengaku menjadi korban penipuan dengan modus transfer kepada orang yang mengaku sebagai Kapolres Tangerang Selatan.

Diketahui, Warga Pamulang berinisial T itu dimintai oleh oknum mengaku Kapolres Tangsel sebesar Rp1 juta.

Tetapi, belum diketahui soal kronologis soal pencatutan nama dan permintaan uang itu.

Unit Reskrim Polsek Kelapa Dua yang dikabarkan menangkap pelaku penipuan atas nama Kapolres Tangsel, enggan membeberkan kronologis kejadian tersebut.

“Langsung tanya Pak Kapolres saja bang,” kata Kanit Reskrim Polsek Kelapa Dua Iptu Hitler Napitupulu.