BII Selesaikan Program Rehabilitasi Merapi

Sunday 30 Sep 2012, 10 : 45 am
by
BII Selesaikan Program Rehabilitasi Merapi

MAGELANG-PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) BII Berbagi menyelesaikan program rehabilitasi Gunung Merapi.

Presiden Direktur BII Dato’ Khairussaleh Ramli secara simbolis melakukan serah terima penyelesaian program kepada Bruder Theodorus, Penanggung Jawab Utama Van Lith Peduli selaku mitra BII dalam pelaksanaan program dengan disaksikan Asisten Bupati Magelang Agung Trijaya dan kepala dusun dari 7 (tujuh) dusun penerima manfaat di Pos Pemantauan Merapi Babadan, Magelang hari ini.

Di lokasi yang sama, jajaran direksi, komisaris dan karyawan BII juga melakukan penanaman pohon, menandai program pelestarian lingkungan 10.000 pohon di kawasan lereng Gunung Merapi.

Dengan ketersediaan air bersih, didukung penghijauan untuk mengoptimalkan fungsi akar pohon dalam menangkap air, BII melengkapinya dengan menyerahkan peralatan pendukung produksi pertanian untuk mengolah hasil pertanian warga, terdiri dari traktor, mesin penggilling jagung, mesin perontok padi, mesin pencacah rumput, dan pompa air yang dapat dimanfaatkan oleh ketujuh dusun di bawah koordinasi Tim Van Lith Peduli.

BII menyelesaikan pembangunan dan revitalisasi infrastruktur air bersih di tujuh dusun di Muntilan meliputi Dusun Grogol, Pucanganom, Dadapan, Semen, Tempel, Gendelan, dan Trayem dimana air bersih nantinya dapat dimanfaatkan oleh lebih dari 1.360 warga.

Di bawah Program Rehabilitasi Merapi pada tahun sebelumnya BII juga membangun infrastruktur air bersih yang dapat dimanfaatkan lebih dari 450 warga di 3 (tiga) dusun di Kecamatan Muntilan, mencakup Badung, Sempon dan Wates.

BII juga melakukan perbaikan saluran irigasi dan prasarana jalan di beberapa dusun di Magelang, penghijauan di kawasan pertanian serta menyerahkan bantuan alat komunikasi untuk mendukung pelaksanaan tanggap bencana kepada relawan Kompag Merapi.

”Melalui Program Rehabilitasi Merapi, BII melakukan program rehabilitasi lingkungan dan pemberdayaan masyarakat secara terpadu sehingga dapat berdampak positif bagi peningkatan taraf hidup masyarakat di sekitar lereng Gunung Merapi,” kata Khairussaleh.

”Program rehabilitasi sejalan dengan misi perusahaan, Humanizing Financial Service, untuk selalu berada di hati masyarakat, khususnya di bidang lingkungan dan kemasyarakatan,” tambahnya.

Sejalan dengan misi Humanizing Financial Service, BII berupaya mewujudkan kemitraan dengan masyarakat untuk mendukung pendidikan, kegiatan mendukung hidup sehat dan pemberdayaan masyarakat melalui program CSR BII Berbagi.

Di Yogyakarta, BII Berbagi telah mendukung penyediaan dana beasiswa bagi 175 mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) sejak 2008, membangun kembali SDN Kebon Agung, Sleman dan SDN Cepoko Jajar, Piyungan, Bantul yang rusak akibat gempa dan menyelesaikannya pada 2010, berpartisipasi secara aktif dalam Program Tanggap Darurat (emergency) erupsi Merapi di Muntilan, Klaten, dan Kaliurang pada 2011 serta pada 2012 memberikan dukungan micro financing dalam rangka pemberdayaan wanita bagi sekitar 300 pengusaha mikro perempuan melalui Koperasi Mitra Dhuafa (Komida) di Kulon Progo.

Don't Miss

Mentan: Stok Pangan Masih Aman, Tak Perlu Impor

JAKARTA-Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman memastikan stok pangan untuk beberapa

Indonesia-Vietnam Sepakat Jaga Politik Kawasan Asia Pasifik

HANOI-Pimpinan Parlemen Indonesia yang terdiri dari Ketua DPD RI sekaligus