35 Jenis Buah Semarakan Fruit Indonesia 2016

Monday 14 Nov 2016, 5 : 07 pm
by
ilustrasi

JAKARTA-Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Kementerian Pertanian (Kementan) akan menggelar Fruit Indonesia 2016 yang diselenggarakan pada 17-20 November 2016 di Parkir Timur Senayan Jakarta.

Dalam gelaran festival terbesar buah nusanatara ini, pengunjung akan mendapatkan pengalaman baru dengan Pesta Buah. Beragam buah khas Indonesia dan buah eksotis akan disuguhkan secara gratis di berbagai booth.

Ketua Pelaksana Fruit Indonesia2016, Dr. Meika Syahbana Rusli, mengatakan setidaknya 25 hingga 35 jenis buah khas Indonesia akan ditemukan di festival ini. Seperti Alpukat, Mangga, Nanas, Rambutan, Durian, Pepaya, Manggis, Belimbing, Pisang, Salak, Lengkeng, Jambu, Sawo, Kedondong, Markisa, Nangka, Pisang Ambon Lumut, Jeruk Keprok, Srikaya, Jambu Biji, Jeruk Besar, Semangka, Duku, Mangga Gedong, Jeruk Nipis, Buah Naga, Melon, Mangga Podang, Pisang Tanduk, Jambu Biji Kristal, Bengkoang, Jambu Air Hijau, Sirsak dan Semangka Kuning.

Pengunjung juga bisa menikmati beragam buah eksotis Indonesia yang saat ini sulit ditemukan. Seperti Kecapi, Sawo Kecik, Buni, Jambu Bol, Sawo Duren, Lobi-Lobi, Jamblang, Binjai, Cermai, Gandaria, Jambu Mawar, Bisbul, Delima, Blewah, Jeruk Purut, Markisa, Salak Merah, Cempedak, Terung Belanda, Durian Lay, Markisa Ungu, Matoa, Kesemek, Kepel, Pisang Merah, Carica, Sukun, Rukem, Langsat, Manggis Merah, Namnam, Alkesah, Mengkudu dan Durian Merah.

Fruit Indonesia 2016 merupakan festival ke-4 yang digelar sejak 2013. Dulu dikenal dengan nama Festival Bunga dan Buah Nusantara (FBBN). Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, gelaran tahun ini fokus untuk memperkenalkan buah-buahan nusantara.

Selain menikmati beragam buah nusantara, Fruit Indonesia 2016 juga memberikan berbagai peluang bisnis bagi para pengunjung. Berbagai program bertaraf nasional dan internasional akan digelar dalam festival ini. Seperti Fruit Arrangement Contest, Fruitpreneur Got Talent, Sales Exhibition, Various Competition, Exhibition, Business Matchmaking, Conference/Forum dan Export Business Coaching. Serta menampilkan Benih dan Bibit Buah, Pupuk, Pestisida dan Hormon, Buah Olahan, Industri Kesehatan berbahan baku buah, Industri Pariwisata berbasis kebun buah nusantara meliputi peralatan pertanian, mesin pertanian, media pertanian, outlet buah dan lembaga keuangan.

Meika, mengatakan even ini akan melibatkan 19 Provinsi dan 82 Kabupaten/Kota,  15.000 pengunjung nasional dan internasional yang terdiri dari Pelaku Bisnis, Negara-negara ASEAN (9 negara), Asia (China, Japan, Taiwan, South Korea), Timur Tengah (UAE, Saudi Arabia, Qatar, Kuwait, Jordan), Australia, New Zealand, Eropa dan Amerika. Serta melibatkan 10.000 peserta karnaval dan 500 eksibitor.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pendidikan Vokasi dan Inovasi Topang Daya Saing Industri

JAKARTA-Industri manufaktur akan tumbuh dan berkembang apabila didukung melalui tiga

6 Ribu Keluarga Miskin di Kota Surabaya Dapat Bingkisan Gratis

SURABAYA- Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Surabaya menggelar Garage Day