5 Isu Populer, Jokowi-JK Masih Ungguli Prabowo-Hatta

JAKARTA-Lingkaran Survey Indonesia (LSI) merilis hasil survey mengukur kekuatan kedua pasangan capres-cawapres, Joko Widodo-Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di 5 (lima) wilayah straegis lain di samping teritori. Kelima wilayah strategis lain tersebut adalah 5 wilayah isu populer yaitu di bidang ekonomi, politik, hukum, keamanan dan sosial. “Dari 5 isu itu, Prabowo-Hatta unggul di 1 (satu) isu. Sementara pasangan Jokowi-JK unggul d 4 (empat) isu lainnya,” ujar peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI)Rully Akbar saat merilis hasil survey “pasangan capres-cawapres manakah yang unggul” di Jakarta, Rabu (4/6)

Menurutnya, Prabowo-Hatta unggul di isu stabilitas politik. Sebesar 37.03 % publik meyakini Prabowo-Hatta lebih akan mampu menjaga stabilitas politik dibanding Jokowi-JK yang hanya sebesar 23.87 %.

Untuk isu ekonomi, katanya sebesar 38.78 % publik lebih percaya Jokowi-JK mampu menangani masalah ekonomi dibanding Prabowo-Hatta yang sebesar 21.56 %.

Sedangkan untuk isu penegakan hukum, sebesar 36.54 % publik percaya Jokowi-JK lebih mampu menangani penegakan hukum dibanding pasangan Prabowo-Hatta yang sebesar 23.80 %. “Adapun untuk isu keamanan, sebesar 37.31 % publik percaya pasangan Jokowi-JK lebih mampu menangani masalah keamanan dibanding pasangan Prabowo-Hatta yang hanya sebesar 22.47 %,” tambahnya.

Sementara terkait dengan isu sosial, sebesar 36.26 % publik meyakini pasangan Jokowi-JK lebih mampu menangani masalah sosial dibanding Prabowo-Hatta 23.94 %,

Dengan 34 hari tersisa menuju pilpres, siapa yang menang masih terbuka. Prabowa-Hatta lebih kuat di mesin politik. Jokowi-JK lebih kuat di antusiasme relawan. Probowo lebih kuat di kesan strong leader. Jokowi lebih kuat di kesan pemimpin yang jujur, bersih dan sederhana.