50 Negara Siap Hadir di Pameran Busworld Southeast Asia 2024

Friday 8 Mar 2024, 4 : 06 pm
50 Negara Siap Hadir di Pameran Busworld Southeast Asia 2024

JAKARTA-Indonesia adalah negera kekuatan ekonomi terbesar di ASEAN yang memiliki lebih dari 280 juta penduduk yang tersebar di 38 provinsi dan 416 kabupaten.

Untuk meningkatkan konektivitas dan efisiensi logistik, pemerintah terus membangun infrastruktur jalan secara masif.

Kementerian PUPR mencatat kebutuhan investasi untuk mendukung pembangunan jalan tol di Indonesia selama periode 2020 – 2024 mencapai Rp 500 triliun.

Keberadaan infrastruktur jalan tol TransJava dan TransSumatera telah meningkatkan mobilitas warga antar kota dan memudahkan akses ke wisata baru, sehingga kebutuhan bis antar kota dan bis pariwisata turut meningkat drastis dalam beberapa tahun terakhir.

Pemerintah berkomitmen Net Zero Emission 2060.

Untuk itu, pemerintah Tengah mendorong pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Bis dalam kota dan Bus Rapid Transit (BRT) pun menjadi fokus utama dalam pengembangan bis listrik, yang mana terbukti dari banyaknya daerah di Indonesia yang mulai menggunakan bis listrik sebagai transportasi umum.

Program BRT pun juga mulai berjalan di beberapa kota besar seperti Jakarta, Solo, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, dan lainnya. Hal ini menjadi salah satu faktor positif bagi perusahaan karoseri autobus nasional turut memproduksi bis lstrik di dalam negeri.

PT TransJakarta juga berambisi untuk melakukan ekspansi terhadap bis listrik sebesar 10.000 units hingga tahun 2030 dimana dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik, industri otomotif Indonesia ditargetkan memproduksi 600,000 units mobil dan bis listrik pada tahun 2030.

Dengan demikian, peranan pemerintah sangatlah penting guna mendorong perkembangan industri bis listrik di Indonesia.

Dalam rangka menjawab kebutuhan bis di tanah air, GEM Indonesia bersama Busworld International siap gelar Busworld Southeast Asia edisi ke-3 di di JIExpo Kemayoran Jakarta pada Tanggal 25-17 Mei 2024. Busworld Southeast Asia merupakan pameran auto bus terbesar di Asia Tenggara.

Pameran ini telah menjadi pameran dunia bis terbesar dan paling ditunggu di ASEAN.

Kali ini, pameran Busworld Southeast Asia 2024 akan diikuti oleh beberapa karoseri nasional ternama, seperti New Armada, Adiputro, Laksana, dan Tentrem, serta perusahaan bis ternama dari luar negeri seperti Golden Dragon dan Yutong.

Ratusan komponen pendukung bis baik dari dalam maupun luar negeri bakal meramaikan pameran ini nanti.

Pelaku UMKM yang konsern dengan asesoris dan perlengkapan bus juga akan ambil bagian dalam event tahunan ini.

Presiden Direktur Global Expo Management (GEM Indonesia), Baki Lee mengungkapkan, Busworld merupakan pameran yang sangat spesifik karena khusus untuk bus saja.

“Jadi dia (Red. Busworld) itu bicara tentang desainya bus, jenisnya bus, qualitynya bus. Intinya all about the bus. Jadi sangat spesifik dan khusus”jelasnya di Jakarta ( 7/03/2024).

Menariknya menurut Baki, pameran akan menghadirkan pembicara-pembicara terkenal dari beberapa negara di Asia Tenggara seperti Singapure, Malaysia, Vietnam, Filipine, dan Bangkok.

Jadi, lanjutnya lagi, Busworld Conference 2024 akan menjadi wadah bagi para ahli transportasi khususnya bis untuk dapat berbagi informasi, sharing knowledge, update teknologi dan menambah networking Busworld Southeast Asia 2024 akan memberikan berbagai kejutan kepada seluruh pengunjung.

“Jadi kita undang pembicara-pembicara ini nanti untuk berbicara tentang system bus dan berbagai hal lain yang terkait dengan bus. Seperti keselamatan, teknologi, dan tidak ketinggalan juga bus Listrik. Jadi E-bus.”jelasnya.

Menurut Baki jumlah peserta pameran Busworld 2024 semakin banyak, karena pameran Busworld ini akan bergabung dengan pameran INAPA yakni pameran spare parts otomotif terbesar di Asia Tenggara.

“Total peserta INAPA dan Busworld sekitar 1300 perusahaan. Makanya seluruh hall nanti akan terpakai semua dan bahkan akan dibangun tenda di outdoor untuk menampung 1300 perusahaan yang akan ambil bagian dalam kedua pameran ini nanti,”jelasnya.

Pesertanya berasal dari 50 negara, bahkan Lithuania dan Rusia pun ikut ambil bagian dalam pemeran ini.

Menurut Baki, mereka hadir dalam pameran ini karena ingin menjadikan pameran ini sebagai basis pameran untuk Asia Tenggara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bank BRI Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Lion Air Group

JAKARTA-PT Bank Rakyat Indonesia (Persero),Tbk kembali menjalin kerja sama dengan

Banjir di Tangerang, BPBD Siapkan Tim Evakuasi

TANGERANG-Sejumlah permukiman warga di kawasan Kabupaten Tangerang terendam banjir hingga