60% UKM Indonesia Dikelola Oleh Wanita

Sunday 9 Nov 2014, 1 : 08 am
by

SURABAYA-Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat penting dalam menyokong perekonomian Indonesia. Berdasarkan data tahun 2012, sekitar 59% dari total Produk DOmestik Bruto (PDB) Indonesia dihasilkan oleh UMKM. Berdasarkan komposisinya, hampir 99% unit usaha Indonesia berskala mikro. UMKM juga berperan dalam menyerap tenaga kerja, yaitu hingga 97% dari total tenaga kerja tahun 2012.

Demikian benang merah Talkshow yang digelar Bank Indonesia dengan tema “Pemberdayaan Wanita dalam Keuangan Syariah” di Surabaya. Talkshow menghadirkan narasumber Ketua Bidang Ekonomi Muslimat Nahdlatul Ulama (NU), Yayuk Wahyunengse dan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI), Suryani SF Motik. Peserta berasal dari kalangan Muslimat NU, IWAPI, HIPPI, perbankan syariah dan masyarakat umum.

Fakta menarik lainnya adalah sekitar 60% UKM Indonesia dikelola oleh wanita sebagaimana dikemukakan dalam APEC Women and the Economy Forum 2013. Hal ini menunjukkan wanita berpotensi besar dalam menyokong pertumbuhan ekonomi. Dalam perkembangannya, salah satu permasalahan dalam pengembangan UMKM di Indonesia adalah minimnya akses terhadap layanan pembiayaan. Untuk itu, salah satu upaya untuk mendorong perluasan akses tersebut ialah melalui perluasan program pembiayaan UMKM berbasis syariah, mengingat Indonesia sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Oleh karena itu, BI selaku bank sentral berupaya untuk mewujudkan sistem keuangan yang semakin inklusif, salah satunya melalui perluasan akses keuangan berbasis syariah.

Talkshow yang diselenggarakan sebagai langkah untuk mengembangkan perluasan akses keuangan berbasis syariah sekaligus meningkatkan potensi wanita dalam dunia usaha ini diselenggarakan sebagai rangkaian Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2014 yang berlangsung dari tanggal 3 sampai dengan 9 November 2014 di Surabaya. Di penghujung rangkaian ISEF ini diselenggarakan pula Expo yang terbuka untuk umum dan akan menggelar berbagai kegiatan yang bervariasi dan menarik, mulai dari pameran, talkshow, kuis berhadiah, fashion show, festival musik, festival kuliner sampai dengan funwalk. Semuanya dirangkai dengan tema harian mulai dari Education Day, Enterpreneurship Day, Extravaganza Day dan Family Day. Sebagian besar acara bertempat Dyandra Convention Centre, Surabaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Proyek Palapa Ring Beroperasi Akhir Tahun 2018

JAKARTA-Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan proyek Palapa Ring

Misbakhun : Kebijakan BI Hanya Pemanis Bibir

JAKARTA-Kalangan DPR mengkritik lima kebijakan Bank Indonesia (BI) yang ternyata