ADB Hibahkan $1 Juta Untuk Kerjasama Lintas Batas Indonesia-Timor Leste

Monday 6 May 2019, 7 : 55 pm
by

FIJI-Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB) akan menghibahkan dana sebesar $1 juta untuk penerapan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama lintas batas dan kerja sama antara provinsi Timor-Leste dan Nusa Tenggara Timur (NTT) di Indonesia Sabtu, (04/05) lalu.

Dalam MoU tersebut, Indonesia dan Timor-Leste bersepakat mengurangi hambatan transportasi darat dan udara lintas batas dan menyelaraskan prosedur di titik-titik persimpangan perbatasan. Selain itu, mengurangi hambatan isu kesehatan hewan terhadap perdagangan ternak dan meningkatkan promosi pariwisata di Nusa Tenggara Timur dan Timor-Leste melalui pemasaran bersama dan perjalanan lintas batas.

Hal ini dilakukan Pemerintah Indonesia untuk komitmen mengurangi kesenjangan regional di Indonesia. Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu daerah di perbatasan Indonesia dengan potensi sosial ekonomi yang dapat dikembangkan melalui kerjasama dengan Timor Leste. Ini dilakukan melalui peningkatan konektivitas, aksesibilitas, dan kapasitas serta kolaborasi ekonomi lintas batas.

MoU ditandatangani oleh Presiden ADB Mr.Takehiko Nakao, Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri Keuangan Timor Leste Ms. Sara Lobo Brites.

“MoU ini merupakan langkah kecil, namun penting dalam dukungan kami untuk kerja sama lintas batas antara Indonesia dan Timor-Leste. Mendukung perekonomian di daerah-daerah perbatasan yang tertinggal sangat penting untuk mengatasi ketidaksetaraan dan memastikan kemakmuran kawasan kita yang meningkat ini dimiliki oleh semua orang,” kata Mr. Nakao.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Guntur Romli: Mulai Hari Ini, Saya Keluar Dari PSI, Sebagai Anggota dan Kader

JAKARTA-Pertama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada kawan-kawan media yang

Presiden: Sinergi Pusat dan Daerah, Kunci Menangkan Persaingan

JAKARTA- Presiden Joko Widodo mengatakan kompetisi di era globalisasi sangat