Agus Marto ke BI Sebagai Operasi Penyelamatan

Rabu 27 Feb 2013, 1 : 43 pm
by

JAKARTA-Pergantian Gubernur Bank Indonesia (BI) ditengah kondisi ekonomi bergejolak sangat berbahaya. Pasalnya, Indonesia tengah mengalami defisit, baik defisit neraca perdagangan maupun transaksi berjalan  mencapai double digit. “Indonesia sedang dalam masa sulit, tahun lalu mengalami defisit neraca perdagangan yang untuk terakhir kalinya dialami Indonesia pada tahun 1961. Karena itu, penggantian menteri keuangan ditengah masa jabatan akan ditanggapi negatif oleh pasar dan akan berimplikasi buruk,” ujar anggota Komisi XI DPR, Sadar Subagyo di Jakarta, Rabu (27/2).

Seperti diketahui, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menunjuk calon tunggal gubernur BI yaitu Mentri Keuangan, Agus Martowardoyo. “Dari sudut kapabilitas, Agus Marto sangat capable. “Namun dilihat dari acceptability, ini ini tantangan berat karena dia pernah ditolak,” kata dia.

Menurut dia, pergantian gubernur BI harus dilakukan secara hati-hati. Pertimbangan utamananya adalah, apakah figur yang ditunjuk itu diterima oleh pihak ekternal dan internal. “Dulu mayoritas karyawan BI menolak dan akhirnya  DPR juga menolak ditolak karyawan BI,” jelas dia.

Faktor eksternal juga harus menjadi faktor yang diperhatikan oleh pemerintah. Sebab moneter itu sangat peka terhadap figur. “Kalau pasar tidak menerima figur itu maka bursa bisa anjlok. Apalagi ekonomi kita yang katanya stabil hanyalah stabil bubble. Artinya, potensi gejolaknya sangat tinggi,” jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Indonesia Bertekad Jadi Produsen Bahan Bangunan Terdepan

JAKARTA-Pemerintah terus berupaya memantapkan Indonesia menjadi produsen produk bahan bangunan

IPW : Kasus Pembuangan Bayi Melonjak

JAKARTA-Tingkat sadisme dan seks bebas di kalangan remaja Indonesia kian