Ajak Natwide, PMLI Dongkrak Mutu SDM Maritim Berstandar ASEAN

Tuesday 26 Nov 2019, 6 : 27 pm

JAKARTA-PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) mengungkapkan kebutuhan lisensi bertaraf internasional sangat mendesak saat ini. Apalagi kompetisi global menuntut pelayanan yang maksimal, karena itu pengembangan kapasitas sektor maritim menjadi sebuah kebutuhan.

“Peningkatan kapasitas SDM bidang maritim, logistik dan transportasi semakin menjadi tuntutan. Kapasitas kapal-kapal pelayaran semakin besar, dan volume barang yang diangkut juga terus meningkat. Oleh karena itu, kapasitas dan kapabilitas SDM di bidang maritim, logistik dan transportasi dituntut semakin cepat dan efisien,” kata Direktur Utama PMLI, Amri Yusuf dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Amri mengatakan PMLI akan terus membangun kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan kapasitas SDM di bidang maritim, logistik, dan transportasi. Peningkatan kapasitas SDM ini sejalan dengan visi Indonesia Maju, yang diusung pemerintah saat ini.

Dengan ditandatanganinya kesepakatan kerjasama ini, kata Amri, PMLI siap menyelenggarakan pelatihan kompetensi SDM Logistik Indonesia yang bertaraf internasional.

“Selain standar ASEAN, PMLI juga sedang dalam tahap untuk mendapatkan akreditasi sebagai penyelenggara pelatihan logistik dari sebuah organisasi pelatihan berskala global,” ujarnya.

Dia menegaskan, sebagai badan usaha yang fokus dalam Pelatihan dan Konsultan, PMLI melihat visi pemerintah lima tahun ke depan ini sebagai momentum untuk aktif ambil bagian sekaligus mewujudkan visi perusahaan menjadi mitra pembelajaran terbaik dalam peningkatan kompetensi SDM pada industri kepelabuhanan, maritim dan logistik di Tanah Air.

Sementara itu, Chief Executive Officer Natwide Australia, Bernard O’Hara mengatakan, Indonesia yang memiliki wilayah maritim yang sangat luas, membutuhkan SDM yang kompeten, yang ditandai dengan kepemilikan lisensi bertaraf Internasional.

“Indonesia memiliki penduduk dengan usia produktif yang besar, seharusnya bisa mendorong SDM-nya untuk bisa bersaing di tingkat internasional. Saya membayangkan suatu hari nanti SDM logistik yang kompeten dari Indonesia bisa menguasai pasar tenaga kerja dan bahkan bisa bersaing di manca negara, dalam menyongsong kebangkitan ekonomi global,” ujar Bernie. ***

Don't Miss

BPK: Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Raih Opini WDP

JAKARTA-Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyampaikan hasil Laporan Keuangan Pemerintah Pusat

Investasi Pasif Versus Aktif, Simak Strategi Tepat Bagi Investor Ritel

JAKARTA-Asiantrust Asset Management menilai, sejatinya para investor selalu menginginkan hasil