Aksi Menembak Warnai Latihan Anggota Kodim Depok

Thursday 7 Jun 2018, 10 : 07 pm
by

DEPOK-Guna memelihara dan tingkatkan kemampuan menembak, ratusan anggota TNI melakukan latihan di lapangan tembak RTM, Kelapa Dua, Cimanggis, Kota Depok, Kamis (7/6).

Latihan menembak senjata ringan (Latbak jatri) Triwulan II Tahun 2018 ini, dilakukan seluruh personel Kodim 0508/Depok, baik Perwira, Bintara maupun Tamtama.

Adapun pelaksanaan latihan menembak ini, dipimpin langsung oleh Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim 0508/Depok Kapten Arh Setiono.

Disela-sela latihan, Setiono menyampaikan, latihan menembak porsonel Kodim dilakukan selama dua hari. “Latihan menembak ini berlangsung selama dua hari, kemarin dan hari ini,” kata Setiono, Kamis (7/6).

Menurutnya, menembak merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap prajurit. Latihan menembak tersebut merupakan satu program pembinaan latihan rutin TNI AD yang dilaksanakan setiap 3 bulan.

“Tujuan dilaksanakannya latihan menembak ini adalah untuk mengasah kemampuan, meningkatkan ketrampilan dan kemahiran prajurit dalam bidang menembak,” ujarnya.

Kepada awak media Setiono menegaskan, selain mengasah kemampuan dan kemahiran, latihan tersebut juga memiliki tujuan untuk membina profesionalisme, khususnya prajurit Kodim Depok.

“Intinya, prajurit TNI itu harus serba jago. Jago beladiri, jago tembak dan disiplin,” kata Setiono.

Sementara itu, ditempat yang sama, Koordinator latihan, Peltu Dhody menjelaskan, bahwa dalam latihan menembak tersebut para prajurit menggunakan dua jenis senjata, yaitu laras panjang dan laras pendek.

“Untuk laras panjang kami menggunakan Senapan M 16 A1 dan Senapan jenis SS 1 V 1. Untuk laras pendek menggunakan Pistol jenis P 1 buatan PT. Pindad,” ujar Dhody.

Menurutnya, untuk materi menembak senapan jarak 100 meter yakni dengan sikap tiarap. Sedangkan latihan menembak pada jarak 25 meter memakai pistol, dengan sikap berdiri, menggegam pistol menggunakan kedua tangan.

Dirinya menekankan kepada seluruh prajurit untuk senantiasa menjaga faktor keamanan selama melaksanakan latihan.

“Ikuti dan patuhi aturan-aturan ataupun protap-protap selama di lapangan tembak, sehingga pelaksanaan latihan dapat berjalan dengan tertib, aman, dan lancar,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bidik Investasi, Kemenperin Terbitkan Regulasi Kawasan Peruntukan Industri

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menerbitkan regulasi yang dapat menjadi pedoman

FAPP Terima 24 Permohonan PTTL Terkait Sengketa Pilpres ke MK

JAKARTA-Forum Advokat Pengawal Pancasila (FAPP) kembali mendaftarkan Permohonan Pihak Terkait