Akuisisi BTN Tak Ganggu Nasib Karyawan

Tuesday 22 Apr 2014, 2 : 44 pm

JAKARTA-Rencana akuisisi PT Bank Mandiri Tbk terhadap PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) dinilai justru bisa membawa dampak positif bagi kedua bank BUMN itu. Misalnya, akan ada kesejahteraan bagi karyawan. “Pada prinsipnya rencana akuisisi ini akan berdampak positif bagi dua entitas tersebut. Khususnya bagi BTN. Jika akuisisi ini berlangsung, kesejahteraan karyawan BTN juga masih akan sama dan tidak berubah,” kata pengamat ekonomi, Fauzi Ichsan, Selasa (22/4/2014).

Bahkan kata Fauzi, akuisisi itu tidak akan mempengaruhi kesejahteraan karyawan bagi kedua entitas tersebut. Justru aksi korporasi yang akan dilakukan Bank Mandiri menyangkut berbagai unsur, baik dari sisi unsur bisnis ekonomi, unsur kepastian hukum dan politik, serta administrasi.
“Pada prinsipnya rencana akuisisi ini akan berdampak positif bagi dua entitas tersebut,” tegasnya

Sedangkan pengamat perbankan, Edwin Sinaga, mengatakan aksi korporasi tersebut merupakan langkah pemerintah dalam membentuk sebuah induk usaha bank BUMN yang cukup besar. “Sinergi ini bagus sekali. Bank Mandiri yang tadinya bank korporat bisa masuk ke KPR. Sedangkan BTN bisa memperluas pasar perumahannya,” tuturnya.

Diakui Edwin, BTN termasuk bank yang sehat. Namun ia berpendapat akuisisi tetap diperlukan karena dalam masa-masa mendatang bank yang fokus pada segmen kredit perumahan perlu mencari tambahan modal yang cukup banyak. “Secara bisnis ini (akuisisi) harusnya baik,” tegasnya

Pilihannya antara dibeli BRI atau Mandiri, kata Edwin lagi, tapi akhirnya pilihan jatuh ke Bank Mandiri. Ini baik supaya size-nya BTN jadi lebih besar. “Kalau BTN jalan sendiri (tidak diakuisisi), dia harus cari tambahan modal nanti pemerintah malah kesulitan. Kalau BTN masuk Mandiri, tambahan modal jadi besar,” paparnya.

Seperti diketahui, pada 11 April 2014 Kementerian BUMN mengeluarkan surat dengan nomor: SR-161/MBU/04/2014 yang ditujukan untuk Direktur Utama BTN Maryono. Isi surat tersebut mengusulkan agenda tambahan mengenai persetujuan prinsip atas perubahan pemegang saham perseroan dalam RUPSLB BTN. **cea

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Fokus Mengurangi Kemiskinan, Presiden Minta Dana Kelurahan Rp 3 Triliun Dikawal

JAKARTA-Presiden Joko Widodo menegaskan, bahwa tujuan utama dari Dana Desa

MPR Ingat Sekarang Banyak OTT

JAKARTA-Tantangan utama bangsa ini adalah praktek politik uang. Karena itu