Alokasikan Dana Rp421,23 M, DIVA Siap Buyback Hingga Rp2.950/Saham

ILustrasi

JAKARTA-Anak usaha PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN), PT Distribusi Voucher Nusantara Tbk (DIVA) berencana melaksanakan pembelian kembali (buyback) saham sebanyak 142.857.140 lembar dengan harga pelaksanaan mencapai Rp2.950 per saham.

Rencana tersebut disampaikan manajemen DIVA dalam keterbukaan informasi perseroan yang dipublikasi PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Kamis (18/6). “Perseroan membatasi harga pembelian saham sebesar maksimum Rp2.950 per saham,” kata Direktur Utama DIVA, Raymond Loho dalam keterangan resmi perseroan.

Dia mengatakan, pelaksanaan buyback akan dilakukan secara bertahap selama kurun 18 Juni-18 September 2020. DIVA menyiapkan dana sebesar Rp421,43 miliar untuk merealisasikan rencana buyback saham, sedangkan biaya yang timbul dari aksi buyback merupakan imbalan jasa pembelian di BEI melalui perusahaan perantara pedagang efek, yaitu sebesar 0,1 persen dari nilai transaksi.

Manajemen DIVA menyebutkan, pelaksanaan buyback saham tidak mengakibatkan penurunan pendapatan dan tidak memberikan dampak atas dana pembiayaan perseroan, karena dana yang digunakan berasal dari dana internal DIVA yang sumbernya dari kegiatan operasional perseroan.

“Pembelian kembali saham dapat menstabilkan harga dalam kondisi pasar yang fluktuatif. Pembelian kembali atas saham perseroan juga memberikan fleksibilitas bagi DIVA dalam mengelola modal jangka panjang, karena saham treasuri dapat dijual di masa yang akan datang dengan nilai yang optimal, jika perseroan memerlukan penambahan modal,” papar Raymond