Amankan Penerimaan Negara, Ditjen Pajak Optimalkan Penagihan Pajak

klikkabar.com

JAKARTA-Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak, Ken Dwijugiasteadi, memberikan pengarahan kepada juru sita di lingkungan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak dari Kantor Pelayanan Pajak di seluruh Indonesia. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan sebelumnya yang memberikan pengarahan kepada 4551 pemeriksa pajak dalam rangka persiapan pelaksanaan Tahun Penegakan Hukum 2016.

Demikian disampaikan Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak, Mekar Satria Utama dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (16/3).

Acara Pengarahan Direktur Jenderal Pajak terkait Optimalisasi Kegiatan Penagihan Pajak Tahun 2016 dilaksanakan di Kantor Pusat Ditjen Pajak di Jakarta dan melibatkan 713 juru sita pajak.

Selain pengarahan dari jajaran Pimpinan Ditjen Pajak jelasnya, acara ini juga menghadirkan Brigjen (Pol) Akhmad Wiyagus, Direktur Tipikor Bareskrim Mabes Polri.

Baca :  Q3 2014, Express Group Raup Pendapatan Rp 640,15 Miliar

Menurutnya, Ditjen Pajak gencar melaksanakan konsolidasi internal untuk menyukseskan program penegakan hukum sebagai salah satu upaya utama untuk mencapai target penerimaan pajak tahun ini yang meningkat 28% dibanding realisasi penerimaan tahun sebelumnya.

Sesuai arahan Dirjen Pajak maka kebijakan penegakan hukum diarahkan bagi peningkatan penerimaan pajak yang berkesinambungan. “Oleh karena itu Ditjen Pajak akan terus meningkatkan kapasitas juru sita pajak serta meningkatkan kerjasama dan koordinasi dalam rangka mendukung pelaksanaan tindakan penagihan pajak termasuk kerjasama dan koordinasi dengan instansi penegak hukum lainnya,” terangnya.

Pajak merupakan sumber utama penerimaan Negara dan untuk itu Ditjen Pajak mengajak seluruh masyarakat untuk mengambil bagian bergotong royong dalam mendanai pembangunan nasional dengan menghitung, membayar dan melaporkan pajak secara jujur dan akurat.

Baca :  Menaikkan Harga BBM Bersubsidi, Menyeimbangkan Postur Fiskal

Untuk mengamankan penerimaan negara dan menindak tegas pelaku tindak pidana di bidang perpajakan, Ditjen Pajak terus melakukan berbagai upaya pelayanan, pengawasan dan penegakan hukum sambil terus menjalin kerjasama dengan institusi penegak hukum lain untuk mensukseskan upaya pemerintah mencapai penerimaan pajak yang optimal bagi Indonesia yang lebih baik.