Anas: Partai Demokrat Harus Selamat

JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengaku setuju atas wacana yang bergulir terkait penyelamatan Partai Demokrat, yang kini popularitasnya sedang turun drastis. Upaya penyelamatan perlu dilakukan agar Partai Demokrat semakin mantap mempersiapkan diri dalam menghadapi sengitnya persaingan menjelang Pemilihan Umum 2014 mendatang. “Partai Demokrat memang harus diselamatkan dan harus selamat. Apalagi, ini sudah memasuki tahun politik. Karenanya, kita harus bisa siap dan bergerak bersama-sama”, kata Anas, kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (5/2).

Anas menghimbau agar seluruh kader Demokrat bersama-sama bergerak untuk mengeluarkan segala bentuk kontribusi dalam upaya penyelamatan Partai Demokrat. Kebersamaan sangat perlu ada karena upaya penyelamatan tidak bisa dilakukan secara sepihak dan tercerai berai. “Harus semuanya bekerja, mulai dari Dewan Pembina, DPP, DPD, DPC, dan juga calon-calon anggota legislatif. Semuanya harus bekerja dan bersama-sama memikirkan suatu strategi agar Partai Demokrat bisa selamat. Dengan adanya kontribusi seperti itu, maka masing-masing memang punya kontribusi untuk kemajuan demokrasi dan Partai Demokrat”, ujar Anas

Lebih daripada itu, Anas sendiri merasa aneh dengan hasil survey yang dirilis oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Sebab, dari hasil survey suatu lembaga riset terindikasi memang ada sedikit perbedaan bila dibandingkan dengan hasil survey yang dilakukan lembaga riset lainnya. Namun, Anas tidak mau merinci lebih detail perihal kejanggalan yang dirasakannya itu. “Saya sebenarnya agak sedikit aneh dengan hasil survey terahkir ini. Jujur saja, saya ini membandingkan hasil-hasil survvey dari beberapa lembaga riset yang kredibel. Memang saya sendiri merasa ada yang aneh. Dari poin saya sih mari seluruh kader untuk solid, kompak dan bekerja lebih keras untuk menyelamatkan partai”, jelas dia.

Terkait upaya penyelamatan partai, DPD Partai Demokrat Jawa Tengah telah secara resmi meminta kepada Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat untuk turun tangan menyelamatkan partai. Bahkan, DPD Jawa Tengah itu meminta kepada Ketua Dewan Pembina untuk mencari tahu siapa yang menjadi penyebab anjloknya elektabilitas partai. Hal itu dirasa perlu untuk mencari solusi atau jalan keluar dari permasalahan yang sekarang ini membelit partai “Kemarin kita sudah coba siasati dengan beberapa langkah, tapi ternyata elektabilitas kita masih saja anjlok. Ini kan artinya memang didalam Partai Demokrat memang ada orang-orang yang menyebabkan elektabilitas partai turun. Saya rasa harus dicari jalan keluarnya. Soalnya, kami seakan tersandera dengan ketidakpastian ini”, jelas Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah Sukawi Sutarip.

Baca :  Jokowi: Kedaulatan Diklaim Negara Lain, Saya Akan Buat Ramai