Anggaran Belanja Pegawai Capai Rp 187 Triliun

Jumat 8 Nov 2013, 5 : 17 pm

JAKARTA-Kementerian Keuangan mengungkapkan belanja pegawai sudah mencapai 80% atau sekitar Rp187 triliun dari proyeksi Rp233 triliun dalam APBN 2013. “Sepanjang Januari-Oktober 2013, pemerintah telah menggelontorkan dana hingga Rp 187,5 triliun untuk biaya PNS,” demikian keterangan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (DJPN) Kementerian Keuangan di Jakarta, Jumart,(8/11).

Dalam keterangan DJPN itu juga menyebutkan penyerapan anggaran belanja Pegawai Negeri Sipil (PNS) setiap tahun selalu lebih cepat dibandingkan belanja barang dan modal. Data realisasi APBN-P untuk belanja (gaji, tunjangan, dan lainnya) PNS mencapai 80,5%

Belanja pegawai masuk dalam anggaran belanja pemerintah pusat yang ditargetkan dalam APBN-P 2013 sebesar Rp 1.196,8 triliun dan sudah terserap 67,6% sebesar Rp 808,7 triliun.

Sedangkan realisasi belanja negara mencapai Rp 1.238 triliun. Angka itu setara dengan 71,7% dari APBN-P tahun ini sebesar Rp 1.726,2 triliun.

Sementara itu, dikutip dari data DJPN, belanja barang dan modal tercatat belum mencapai separuh dari target APBN-P. Realisasi belanja barang dalam kurun waktu sepuluh bulan ini hanya mencapai Rp 97,6 triliun atau 47,3% dari patokan pemerintah Rp 206,5 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ada Bau Bangkai Dibalik Agenda Revisi UU BPK

JAKARTA– Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) mencium aroma busuk

Peluncuran Moscow Central Diameter, Lompatan Perintis Sistem Transportasi Global

JAKARTA-Moskow dengan bangga meluncurkan Moskow Central Diameter (MCD-3) ketiganya pada