Anggota DPR Akui Rumit Isi LHKPN

Friday 7 Nov 2014, 3 : 15 pm

JAKARTA-Sejumlah anggota DPR mengaku kesulitan saat mengisi form Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang diajukan KPK. “Iya, cukup rumit itu misalnya dalam hal pengumpulan bukti dan dokumen harta kekayaan,” kata Juru Bicara Fraksi PKS, Mardani Ali Sera di Jakarta, Jumat (07/11/2014).

Menurut Mardani, tingkat kerumitannya terletak pada proses pengumpulan bukti untuk dilampirkan pada berkas formulir LHKPN.

Meski rumit, Mardani mengungkapkan ada intruksi Presiden PKS untuk segera menyerahkan LHKPN. Hanya saja, sambung Mardani, banyak  anggota DPR F-PKS belum berpengalaman dalam penyusunan formulir. “Namun, dalam prosesnya mungkin tidak akan lama. Semuanya kita target november,” terangnya

Mardani menegaskan PKS berkomitmen mendukung kebijakan KPK dalam memberantas korupsi yang merugikan negara. Oleh karena itu, pihaknya berharap sejumlah anggota dari Fraksi PKS dapat lebih cepat menyelesaikan penyusunan. “Karena ini sangat penting sebagai bentuk transparansi terhadap publik,” tuturnya

Ditempat terpisah, Sekretaris Fraksi PKB, Jazilul Fawaid menegaskan mewajibkan seluruh anggota fraksinya untuk menyetorkan LHKPN kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut Jazil, instruksi itu bersumber langsung dari perintah Ketua Fraksi PKB, Helmy Faishal. “Pimpinan FPKB sudah mengintrusikan kepada seluruh anggota FPKB agar segera melengkapi dan menyetorkan LHKPN. Tapi Masih proses pengisian formullirnya. Kami belum cek satu persatu hasilnya,” ujar mantan staf khusus Muhaimin Iskandar

Lebih jauh Jazil mengakui telah menerima berkas yang dikirim KPK. Namun F-PKB masih mempelajari terkait petunjuk teknis pengisian formulir mengingat tebalnya blanko yang baru saja diterimanya itu.

Kendati menilai rumit, Jazil menekankan agar Nopember 2014 ni seluruh anggota FPKB telah selesai mengisi dan mengembalikan berkas formulir LHKPN ke KPK. “Hal itu demi pembuktian kita,  kalau PKB mendukung terciptanya pejabat yang bersih dan bebas korupsi,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

FPMP : BPK Harus Audit Dana APBN Terkait Penyelenggaran FFI dan BPI

JAKARTA-Masyarakat mendorong Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengaudit penggunaan APBN dan

MPR: Rakyat Tak Bisa Diadu Domba

JAKARTA-Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mengapresiasi jalannya aksi doa bersama di