Angkasa Pura II Klaim Bandara Soetta Paling Aman dari Penularan Korona

Dirut Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin

JAKARTA-PT Angkasa Pura II (Persero) mengklaim, Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta merupakan bandara yang paling aman dari potensi penularan virus korona, lantaran adanya laporan hasil evaluasi lembaga global, Safe Travel Barometer yang memberi rating Safe Travel Score hingga 4,09 bagi Bandara Soetta.

Menurut President Director Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin dalam siaran pers yang dilansir di Jakarta, Rabu (16/9), Bandara Soetta dinobatkan sebagai salah satu bandara di dunia dengan rating tertinggi dalam penerapan protokol kesehatan dan keamanan dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Bahkan di Indonesia, jelas Awaluddin, Soekarno-Hatta merupakan yang paling tinggi dibandingkan dengan bandara lain.

Hal ini berdasarkan evaluasi lembaga global Safe Travel Barometer yang memberikan rating Safe Travel Score hingga 4.09 bagi Soekarno-Hatta.

Adapun rating tertinggi dalam penilaian tersebut adalah 5 dan belum ada bandara di dunia yang berhasil mendapat skor 5.

Safe Travel Barometer disebut-sebut memiliki database terbesar dan paling komprehensif di dunia mengenai protokol kesehatan dan keamanan terkait Covid-19.

“Tujuan Angkasa Pura II dan seluruh stakeholder, seperti otoritas bandara, kantor kesehatan pelabuhan Kementerian Kesehatan, maskapai, TNI/Polri, balai karantina, kantor imigrasi dan Satgas Percepatan Penanganan COVID-19, an Bandara Soekarno-Hatta dapat tetap beroperasi sebagai pintu gerbang utama negara dan tetap menjaga konektivitas di Tanah Air,” papar Awaluddin.

Dia menambahkan, komitmen menjalankan protokol kesehatan secara ketat didukung berbagai inovasi berbasis teknologi merupakan kunci bagi Angkasa Pura II agar Soekarno-Hatta selalu mengedepankan aspek kesehatan.

Co-Founder and CEO Safe Travel Barometer, Virendra Jain mengatakan, bandara memiliki peran penting dalam membuat penumpang mudah beradaptasi di masa new normal.

“Bandara adalah lini terdepan pertahanan untuk memastikan keamanan dan mengurangi kekhawatiran dalam perjalanan,” imbuhnya.