APBN 2019 Menjadi Instrumen Countercyclical Pemerintah

Tuesday 7 Jan 2020, 11 : 50 pm
by
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati

JAKARTA-Perekonomian Indonesia di tahun 2019 berhasil tumbuh positif di tengah perlambatan ekonomi global yang dipengaruhi oleh dinamika perang dagang dan geopolitik, penurunan harga komoditi, serta perlambatan ekonomi di banyak negara.

Walaupun Indonesia menghadapi situasi eksternal tersebut, perekonomian tahun 2019 diperkirakan tetap dapat tumbuh di atas 5% karena terjaganya permintaan domestik, konsumsi pemerintah, serta investasi.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, kinerja perekonomian yang terjaga serta pelaksanaan program pembangunan juga telah berhasil menurunkan tingkat pengangguran, mengurangi ketimpangan dan mempertahankan kesejahteraan masyarakat.

Di tengah ketidakpastian ekonomi global dan di banyak negara, APBN tahun 2019 didorong ekspansif dan countercyclical untuk menjalankan peran strategis dalam menjaga stabilitas makroekonomi, mempertahankan momentum pertumbuhan perekonomian domestik, dan mendorong laju kegiatan dunia usaha, serta tetap memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Realisasi defisit APBN tahun 2019 sementara berkisar pada 2,2% dari PDB, dibandingkan dengan target awal 1,84% dari PDB. Pelebaran defisit tersebut dilakukan secara terukur dengan memperhitungkan risiko dan manfaatnya, serta kredibilitas fiskal.

“Indonesia, dengan tekanan dan global economic environment yang tidak kondusif di tahun 2019 tadi, kita tetap mampu menjaga pertumbuhan kita di atas 5%. Kalau kita lihat dari komponen memang karena domestik, di mana kita terutama untuk konsumsi, tetap bisa bertahan 3 kuartal berturut-turut tumbuh di atas 5%. ,” ujarnya.

“Inflasi yang rendah menyebabkan daya beli masyarakat tetap terjaga. Kalau kita lihat konsumsi pemerintah juga memberikan support untuk penurunan ekonomi ini,” kata Menkeu saat Konferesi Pers di Aula Djuanda 1 Kementerian Keuangan, Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pidato Zulhas: Cita-cita Keadilan Sosial dan Distribusi Kesejahteraan

Pidato Ketiga Zulkifli Hasan Serial Pidato 23 Tahun Reformasi Assalamualaikum
perubahan bertujuan untuk optimalisasi kebijakan berlapis yang komprehensif dengan pendekatan digital (PeduliLindungi) demi pengendalian Covid-19 yang lebih efisien, termasuk antisipasi masuknya virus varian baru ke Indonesia.

Cegah Penularan COVID-19, Pemerintah Siapkan Antisipasi Maksimal Arus Balik

JAKARTA-Pemerintah telah menyiapkan langkah antisipasi arus balik Lebaran yang diprediksi