Asosiasi Emiten Dukung Pemerintah Perkuat Stabilitas Sistem Keuangan

Wednesday 26 Aug 2020, 1 : 51 am
by
Team Pengkajian dan Ketua Umum Pengurus Asosiasi Emiten Indonesia Fraciscus Welirang

JAKARTA-Team Pengkajian Asosiasi Emiten Indonesia mengusulkan agar pemerintah mengambil langkah-langkah yang lebih strategis terkait dengan upaya peningkatan dan penguatan peran pasar modal.

Hal ini penting untuk bisa berkontribusi lebih besar dalam mengatasi dampak bencana ini dalam jangka panjang.

Team Pengkajian dan Ketua Umum Pengurus Asosiasi Emiten Indonesia Fraciscus Welirang menjelaskan usulan ini disampaikan setelah Asosiasi Emiten Indonesia melakukan pengamatan atas perkembangan yang terjadi saat ini.

“Asosiasi Emiten Indonesia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah atas berbagai kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah untuk mengurangi dan meringankan dampak Pandemik covid 19 pada dunia usaha, khususnya pada Emiten,” ujar Fraciscus Welirang di Jakarta, Rabu (25/8).

Seperti diketahui, pemerintah telah melakukan berbagai upaya dan untuk mengatasi pandemic, terutama sebagai akibat dari bencana pandemic Covid-19 yang mengancam kesehatan masyarakat.

Kebijakan tersebut yakni pemulihan kondisi kesehatan, dampak sosial, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, serta kebijakan terkait pemulihan ekonomi nasional.

Ditengah upaya pemerintah untuk mengatasi permasalahan wabah pandemic ini, Pasar Modal sebagai salah satu indikator perekonomian terdampak cukup material atas bencana pandemik ini yang tidak diketahui dengan pasti kapan akan berakhirnya.

Misalnya, penurunan nilai tranksaksi perdagangan harian (penurunan market liquidity), penurunan animo perusahaan untuk IPO, penurunan aktivitas investor asing dan institusi.

Tentunya juga penurunan kinerja fundamental Emiten, data laporan keuangan emiten semester pertama tahun 2020 menunjukan emiten dari berbagai sektor mengalami penurunan yang cukup berarti baik dari sisi pendapatan maupun dari laba bersih.

Karena itu, dia berharap pemerintah memberikan perhatian dan lebih fokus pada upaya memaksimalkan segala sumber-sumber daya yang ada pada sektor Pasar Modal, meningkatkan peran dan kontribusi Pasar Modal untuk percepatan perbaikan kinerja perekonomian nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Menteri Basuki: Gunakan Komponen Lokal Guna Jaga Ekonomi Nasional.

JAKARTA-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyapa

Pengusaha Muda Kalsel Dukung Erick Thohir

BANJARMASIN-Cawapres nomor urut 01 KH. Ma’ruf Amin beserta Ketua Tim