Asuransi Perlu Peka Zaman Beradaptasi dengan Era Digital

ilustrasi

JAKARTA-Pemerintah Indonesia memiliki aspirasi menjadikan Indonesia sebagai negara unggul di era ekonomi digital Indonesia 4.0 pada 2045. Untuk itu, telah banyak perusahaan asuransi yang memanfaatkan teknologi digital agar dapat menembus pasar milenial dan menjangkau masyarakat lebih luas di seluruh Indonesia.

Kuncinya adalah menjadikan lanskap digital sebagai game changer untuk mendorong asuransi menjadi gaya hidup milenial. Asalkan memiliki perangkat digital dan jangkauan internet, masyarakat sudah dapat memiliki asuransi.

Sequis sebagai salah satu perusahaan asuransi di Indonesia juga telah hadir dalam platform asuransi digital melalui Super You by Sequis yang hadir untuk menawarkan alternatif berasuransi dengan cara mudah, cepat, dan terjangkau bagi masyarakat khususnya generasi milenial yang sudah sangat terbiasa dengan rutinitas online.

Baca :  Sequis Financial Gandeng Bank CTBC Indonesia Luncurkan 2 Produk Bancassurance

Super You by Sequis Online hadir untuk membantu milenial, terutama pekerja pertama (first jobbers) termasuk keluarga muda untuk memiliki perlindungan asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Super You dapat di akses di superyou.co.id.

Menurut Head of Digital Channel Sequis Life Evan Tanotogono, asuransi masih didominasi dengan cara konvensional, kemudian pemahaman generasi milenial mengenai asuransi masih kurang, dan kebutuhan produk asuransi jiwa belum menjadi top of mind. Ada 3 tipe mental blockers yang sering menyebabkan milenial tidak membeli asuransi: innocence (kurangnya edukasi), struggle (perasaan tidak mampu/merasa asuransi terlalu mahal), procrastination (menunda/merasa tidak butuh).

“Tantangan terbesar bagi pelaku asuransi online jika berkaca dari hasil survey tersebut adalah bagaimana meruntuhkan mental blockers dan menumbuhkan sense of necessity. Upaya yang kami lakukan di Super You by Sequis adalah membangun strategi pemasaran digital 3600. Artinya, kami melakukan segala upaya untuk delivering the right message, to the right person, in the right way, mengoptimalkan perpaduan antara pemilihan segmentasi audiens, kanal-kanal digital marketing, konten, dan bentuk campaign,” sebut Evan.

Baca :  Jadi Inovator, Taspen Sabet Award BUMN Merah Putih Anugerah Indonesia Maju

Ia juga menambahkan soal tantangan perusahaan asuransi dalam memanfaatkan jalur online adalah bagaimana agar ketika membuka situs asuransi online, calon nasabah dapat mengerti dengan mudah dan memilih produk asuransi yang tepat bagi mereka.

“Mengatasi hal tersebut, kami menghadirkan fitur SOVIA (Sequis Online Virtual Intelligent Assistant) sebuah asisten cerdas berbasis artificial intelligence chatbot yang akan menyapa dan membantu nasabah selama proses pembelian asuransi. Dengan adanya SOVIA maka Super You akan memberikan pengalaman pengguna yang unik (unique user experience) kepada calon nasabah, “ tambah Evan.

Sejak asuransi dapat dibeli dengan online maka kita semakin tahu bahwa asuransi tidak serumit dan semenakutkan yang dibayangkan banyak orang.

Baca :  Sequis Luncurkan SQIMC, Perlindungan Kesehatan VVIP Hingga 90 Miliar per Tahun

“Langkah pertama adalah mengenal sejak dini kebutuhan finansialmu lalu tambah pengetahuanmu tentang seputar dunia asuransi. Membeli asuransi pada Super hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit dan hanya menempuh 3 langkah mudah untuk memilih produk, mengisi data pribadi, dan mengonfirmasi pembayaran. Dengan proses yang serba digital, calon nasabah akan dimudahkan untuk memilih dan dapat meraih proteksi yang sesuai dalam hitungan menit saja,” tutup Evan.