Bagikan Konkit Untuk Nelayan, Jonan: Bisa Menghemat Separuh Biaya Melaut

Sunday 23 Sep 2018, 1 : 16 am
by
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memberikan bantuan konverter kit (konkit) bagi nelayan di Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (21/9)

TAKALAR-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memberikan bantuan konverter kit (konkit) bagi nelayan di Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan. Bantuan konkit tersebut diharapkan dapat meringankan beban bahan bakar nelayan untuk melaut dan pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan nelayan Kabupaten Takalar.

“Kami ucapkan selamat kepada para nelayan Takalar yang menerima bantuan konverter kit untuk kegiatan melaut nelayan. konverter kit ini untuk mengganti mesin lama yang berbahan bakar solar atau bensin yang mahal harganya,” ujar Jonan yang didampingi Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Tamsil Linrungsaat pemberian secara simbolis dilakukan Menteri ESDM, di Islamic Centre, Takalar Jumat (21/9).

Biaya untuk bahan bakar merupakan komponen biaya yang paling besar bagi nelayan, dengan adanya penghematan melalui konversi dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Liquefied Petroleum Gas (LPG) diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan.

“Pada umumnya kalau melaut menggunakan gas atau LPG 3 Kg itu biaya bahan bakarnya bisa menghemat separuh (50%), jadi sekali melaut bisa menghemat Rp 25.000, itu menurut saya besar sekali, jadi kalau satu bulan melaut 15 kali, maka akan menghemat paling tidak Rp 300.000 per bulan. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan konverter kit ini, kesejahteraan nelayan Takalar dapat meningkat dan membaik, paling kurang hemat biaya,” lanjut Jonan.

Karena manfaatnya yang besar sekali, maka Jonan meminta kepada para nelayan yang menerima bantuan untuk menggunakan alatnya dengan baik. Pemerintah juga menjaga agar pasokan LPG 3 Kg berjalan dengan baik.

“Jadi kita mohon konverter kit ini bisa digunakan sebaik-baiknya dan mudah-mudahan bahan bakar LPG 3 Kg tidak sulit untuk didapatkannya, untuk itu kami meminta Pertamina sebagai distributor tunggal LPG 3 Kg memastikan ketersediaan LPG 3 kg-nya,” terang Jonan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Columbia Asia Peroleh Investasi Ekuitas Tambahan Sebesar USD210 Juta

MALAYSIA-Columbia Asia Group, salah satu grup perusahaan kesehatan terbesar dengan

Digitalisasi Pekerja Migran Bisa Kurangi TKI Berkasus Di Luar Negeri

JAKARTA-Ketum Tim Pengawas Tenaga Kerja Indonesia (Timwas TKI) DPR RI