Bambang-Said Jalani Test Kesehatan

Bambang DH-Said Abdullah

SURABAYA-Tiga dari empat pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Jawa Timur periode 2014-2019 , Rabu (12/7) secara bersamaan menjalani test kesehatan di Graha Amerta RSU DR Soetomo Surabaya.  

Ketiga pasangan calon (paslon) tersebut antara lain Bambang DH-Said Abdullah (BambangSaid jempol)  yang diusung PDI Perjuangan, Khofifah Indar Parawansa-Herman Sumawiredja yang diusung PKB dan pasangan calon independen Eggy Sudjana-Muhammad Sihat. Sedangkan pasangan incumbent (petahana) Soekarwo- Saifullah Yusuf (Karsa) rencananya akan menjalani pemeriksaan kesehatan, 17-18 Juni mendatang.

“Memang kami memberi kesempatan dua kali, untuk yang sekarang tiga pasangan yang datang,” kata komisioner KPU Provinsi Jawa Timur Agus Mahfud Fauzi kepada wartawan di Surabaya, Rabu (12/6).

Baca :  Restorasi Gambut Perlu Dukungan Masyarakat

Agus mengatakan, test pertama yang diikuti oleh masing-masing paslon kesehatan  mulai dari pemeriksaan  general check up, kemudian mata dan THT, syaraf, radiologi, dan organ dalam. Sedangkan, pada hari Kamis (13/7) hari ini paslon akan mengikuti psiko test . Hasil kedua test itu akan diserahkan kepada KPU Jatim pada tanggal 23 Juni. “Kalau hari ini general chek up tanggal 23 harus dilaporkan ke kita. Nanti tim medis akan memaparkan dan meminta penjelasan,” ujar Agus.

Agus menambahkan, ada dua gelombang tes kesehatan yang digelar KPU Jatim. Gelombang pertama adalah pada tanggal 12 dan 13 Juni. Sedangkan, KPU Jatim memberikan kesempatan kedua bagi pasangan yang belum melakukan tes kesehatan pada tanggal 17 dan 18 Juni mendatang.”Untuk pasangan incumbent dari laporan yang sudah masuk memang akan melakukan tes kesehatan pada tahap kedua,” tegasnya.

Baca :  Keuskupan Denpasar Gelar Pelatihan Public Speaking untuk Rohaniwan

Hasil tes kesehatan itu memang sangat menentukan. Artinya, meski semua berkas verifikasi dinyatakan lolos, kalau tes kesehatan tersebut gagal maka Bacagub atau Bacawagub akan dicoret.”Tes ini sangat vital dan akan kami jadikan  patokan,” ujar Agus.

Pada pemeriksaan kemarin, pasangan BambangSaid jempol  tiba lebih awal dari calon yang lain.  Kemudian diikuti oleh  pasangan Beres dan Berkah.  

Direktur  RSU Dr.Soetomo Surabaya, Dr. Dodo Anondo mengungkapkan untuk mempermudah pelaksaan test kesehatan,  pihaknya mengerahkan 20 dokter spesialis dibidangnya masing-masing. Pemeriksaan dilakukan secara marathon,” papar Dodo.

Dia menjelaskan pemeriksaan yang dilakukan terhadap paslon tersbut untuk mengetahui kesehatan para Cagub dan Cawagub. Mereka  menjalani semua pemeriksaan diantaranya pemeriksaan fisik dan bagian dalam tubuh masing-masing calon.Setelah dilakukan pemeriksaan fisik dan bagian dalam tubuh, para Cagub dan Cawagub Jatim tersebut akan menjalani test psikologi untu memeriksa kondisi kejiwaan dan psikologi.

Baca :  Pilih Lebaran di Padang, Presiden Tegaskan Indonesia Bukan Hanya Jakarta

“Semua calon akan menjawab 60 pertanyaan yang diajukan oleh psikiater yang teruji,”pungkasnya.