Banggar DPR Tolak Kehadiran IMF Dalam Penanggulangan Krisis Akibat Covid-19

Wednesday 1 Apr 2020, 8 : 20 pm
by
Ketua Banggar DPR, MH Said Abdullah

Said menjamin jika program jaring pengaman sosial dituangkan dalam APBN P 2020 maka Banggar DPR dengan bulat memberikan dukungan kepada pemerintah.

“Dengan melihat kondisi APBN 2020 saat ini, kami berharap Perppu ini juga mampu mengantisipasi kemungkinan terjadinya defisit APBN 2020 yang diperkirakan bisa melebihi ketentuan yang berlaku sebesar 3 persen dari PDB,” tutur Politisi Senior PDI Perjuangan ini.

Sehingga, relaksasi defisit ini nantinya juga bisa memberikan ruang bagi Pemerintah untuk memberikan tambahan belanja dan pembiayaan dalam APBN 2020, untuk percepatan penanganan dampak Covid-19.

Meskipun Banggar DPR memberikan dukungan pada pelebaran defisit pada APBN P 2020, pemerintah harus memiliki berbagai alternatif untuk menutup pembiayaannya sebagai konsekuensi pelebaran defisit. Karena itu, pemerintah harus mengutamakan berbagai relokasi anggaran seperti penggunaan Silpa 2018 dan SAL 2019, serta pembiayaan dalam negeri lainnya, daripada meminjam kepada lembaga lembaga internasional.

“Banggar DPR tidak mengharapkan kehadiran International Monetary Fund (IMF) dalam penanggulangan krisis akibat Covid-19 ini,” tegasnya.

Kendati demikian, Said mengatakan meminjam kepada lembaga-lembaga internasional adalah skenario paling akhir.
Hal ini ditempuh jika peluang pembiayaan dalam negeri tidak mencukupinya.

“Kalaupun terpaksa harus mengajukan pinjaman luar negeri, pemerintah harus setidaknya memiliki berbagai opsi penawaran dari lembaga pemberi kredit,” imbuhnya.

Sehingga skenario pinjaman luar negeri tidak membenani APBN dikemudian hari dan tidak ada berbagai syarat utang luar negeri yang mengurangi kedaulatan dalam bernegara.

“Oleh sebab itu, kami berharap Presiden Joko Widodo, sesegera mungkin mengajukan Perpu tersebut ke DPR-RI, agar bisa mendapatkan persetujuan dari sidang Paripurna DPR-RI, untuk menjadi Undang-Undang,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Humas Kota Bekasi Hadiri Sarasehan TNI AD Dengan Media Massa

BEKASI-Bertempat di Ballroom Hotel Horrison Ultima Bekasi, Kassubbag Hubungan Dokumentasi

INAF Serahkan Keputusan Merger Kepada Pemegang Saham

JAKARTA – Manajemen PT Indofarma (Persero) Tbk (INAF) menegaskan kesiapannya untuk