Bangun 56 BMW, Jokowi Minta Warga Pesantren Jangan Pinjam ke Rentenir

Tuesday 31 Dec 2019, 2 : 51 am
by
Presiden Jokowi berdialog dengan warga saat Peluncuran Bersama Bank Wakaf Mikro “APIK KALIWUNGU DAN AL FADLLU KENDAL”, di Pondok Pesantren APIK, Kabupaten Kendal, Jateng, Senin (30/12)

KENDAL-Pemerintah telah membangun 56 Bank Wakaf Mikro (BMW) di pondok-pondok pesantren yang ada di tanah air. Karena itu, diharapkan agar warga yang tinggal di sekitar pesantrean yang ingin membesar usahanya tidak meminjam ke rentenir.

“Jangan sampai pinjamnya ke rentenir, hati-hati, hati-hati nggih. Setop. Sekarang sudah ada Bank Wakaf Mikro,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan pada Peluncuran Bersama Bank Wakaf Mikro “APIK KALIWUNGU DAN AL FADLLU KENDAL”, di Pondok Pesantren APIK, kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng), Senin (30/12) sore.

Menurut Presiden, ke-56 Bank Wakaf Mikro itu telah menjangkau 25.000 usaha mikro, usaha kecil. Sedangkan dana, bantuan pinjaman yang disalurkanmencapai Rp34 miliar. Jumlah yang menurutnya tidak sedikit.

Kalau dijutakan berarti Rp34ribu juta. Rp34ribu juta, Rp34 miliar gede banget.

“Nanti tadi Pak Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga sudah menyampaikan, sudah disiapkan lagi kurang lebih 50 bank wakaf mikro yang akan dibuka, dibuka, dibuka, dibuka lagi. Ini patut kita syukuri, alhamdulillah,” ungkap Kepala Negara.

Presiden juga menegaskan, Bank Wakaf Mikro ini tidak memakai agunan , tidak memakai jaminan. Artinya, yang mendapatkan bantuan pinjaman itu adalah dipercaya. Ada yang pinjam Rp1 juta,a da yang Rp2 juta, Rp3 juta, Rp4 juta ada yang Rp5juta.

“Ini kepercayaan, karena pemerintah berusaha untuk membuka sebanyak-banyaknya Bank Wakaf Mikro agar ada akses keuangan, gampang mencari modal dari usaha-usaha mikro kita untuk lingkungan pondok pesantren. Karena memang bank wakaf mikro ini dikhususkan untuk segmen usaha-usaha kecil dan usaha-usaha mikro,” terang Presiden.

Kepala Negara menitipkan pesan kepada warga yang mendapatkan pinjaman dari Bank Wakaf Mikro agar digunakan untuk modal usaha, modal kerja semuanya. Tidak digunakan untuk jalan-jalan ke mall.

“Jangan sampai nanti dapat Rp2 juta, jalan-jalan ke mal lagi, kok ada baju baru, ingin beli baju Rp300ribu. Jalan jalan lagi aduh kok ada ini, sama ini, beli lagi Rp200 ribu, Rp500 ribu. Apa yang terjadi? Suatu titik pasti akan kesulitan dalam mengangsur atau mencicil bantuan pinjaman itu,” tutur Kepala Negara seraya mengingatkan, hati-hati karena iIni menyangkut nama yang diberikan pinjaman, bantuan pinjaman itu karena dipercaya.

Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Menteri Agama Fahrul Razi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Ketua OJK Wimboh Santoso, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan pengasuh Pondok Pesantren APIK KH. Sholahuddin Humaidullah Irfan dan pengasuh Pondok Pesantren Al Fadllu 2 KH. Alamuddin Dimyati Rois.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Harga Komoditas Aneka Telur di Pasar Serpong Naik Hingga 20%

TANGERANG-Harga sejumlah kebutuhan pokok masih terus mengalami kenaikan harga menjelang

Kemenperin Genjot Kinerja Industri Furnitur dan Elektronik

JAWA TENGAH-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memantau aktivitas sektor industri di