Bangun Kilang Bontang, Perusahaan Migas OOG Investasi 15 Miliar Dolar

Monday 15 Apr 2019, 6 : 01 pm
beritagar.id
Petugas PT. Pertamina (Persero) melintasi kawasan Refinery Unit (RU) atau kilang VI Balongan di Indramayu, Jawa Barat, Kamis (14/1). RU VI Balongan merupakan tumpuan produksi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax Series milik PT. Pertamina (Persero) dengan kapasitas pengolahan minyak mentah 125.000 barel per hari dan BBM hasil produksinya 100 persen dipasok untuk memenuhi kebutuhan BBM di Jakarta dan sekitarnya . ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/ama/16

JAKARTA-Perusahaan migas asal Oman, Overseas Oil and Gas LLC Oman (OOG) segera menggandeng mitra lokal untuk menggarap fasilitas penunjang out side batery limit (EPC OSBL) pembangunan kilang minyak di Bontang, Kalimantan Timur.

“Sudah ada kesepahaman dengan dua mitra lokal, untuk membantu dalam membangun fasiltas pendukung untuk kilang minyak di Bontang, Kaltim,” kata Chairman OOG Khalfan Al Riyami dalam bincang-bincang dengan wartawan, Senin, (15/4/2019).

Disebutkan perusahaan ini untuk membangun kilang baru Migas membenamkan investasi sebesar 15 miliar dolar AS sesuai dengan framework agreement dengan PT Pertamina yang ditandatangani Desember 2018, tanpa menggunakan APBN.

Khalfan mengatakan kilang ini rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 700-1.000 hektar yang terdiri dari refinery minyak dengan kapasitas 300.000 barel per hari, serta pabrik petrokimia berkapasitas 450.000 ton per tahun.

Proyek pembangunan fasilitas penunjang ini (EPC OSBL) akan banyak menyerap tenaga kerja lokal dan OOG sendiri berkomitmen mengutamakan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dalam mendukung peran serta sumber daya manusia dan komponen lokal sesuai kebijakan pemerintah Indonesia.

Diperkirakan nilai pekerjaan tersebut bisa mencapai 3 miliar dolar AS, sedangkan dua perusahaan yang menjadi mitra adalah PT Sanurhasta Mitra Tbk dan PT Meta Epsi.

Mitra lokal tersebut bergerak di bidang properti dan kontraktor, Khalfan berharap kedua perusahaan itu bisa mendukung kegiatan operasional kilang minyak dan petrokimia di Bontang

Seperti diketahui PT Pertamina (Persero) menggandeng perusahaan asal Oman, Overseas Oil & Gas (OOG), untuk membangun proyek kilang pengolahan baru (grass root refinery/ GRR) di Bontang, Kalimantan Timur.

OOG merupakan badan usaha hilir migas asal Muscat, Oman, yang memiliki lingkup bisnis antara lain memberikan jasa dalam commercial structure (develop), design services dengan tenaga berpengalaman, manajemen konstruksi, manajemen proyek, dukungan operasi, dan pemeliharaan, serta solusi teknik dan konstruksi.

Terpilihnya OOG sebagai mitra, setelah melewati mekanisme seleksi untuk GRR Bontang pada Januari 2018.

OOG memenangkan status mitra strategis Pertamina dari beberapa kompetitor lain, untuk menggarap proyek GRR Bontang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Presiden Jokowi Hadiri Festival Lovely December Tana Toraja

TORAJA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Lovely December 2018 yang
Petugas Satpol PP Bali saat menurunkan baliho bergambar Ganjar-Mahfud di di Desa Batu Bulan, Kabupaten Gianyar, Bali/Sumber Foto: Kompas.com

Masyarakat Harus Awasi Pemilu Guna Mencegah Ketidaknetralan Aparat

JAKARTA-Ketua Umum Network For Indonesian Democratic Society (Netfid) Indonesia, Muh.