Bank Dunia Yakin Ekonomi Cina Capai 7,5 %

Monday 16 Sep 2013, 12 : 48 pm

SHANGHAI-Pemerintah China diyakini mampu menggenjot pertumbuhan ekonominya hingga 7,5%. Alasannya, awal bulan ini, Pemerintah China mengumumkan serangkaian indikator yang lebih baik, termasuk ekspor dan produksi industri yang kuat. “Hal ini menunjukkan menguatnya ekonomi domestik,” kata Presiden Grup Bank Dunia Jim Yong Kim mengutip Reueters, Minggu, (15/9).

Diakui Jim, meskipun ada kebijakan penarikan stimulus (Quantitative Easing/QE) yang akan dilakukan The Fed. Saat ini sudah terjadi kenaikan suku bunga acuan sebagai respon kebijakan QE The Fed. “Ini menunjukkan melemahnya perekonomian pasar-pasar negara berkembang,” ungkapnya.

Menurut Jim, kondisi di Cina sendiri sejak Agustus sudah menunjukkan gejala Cina mampu untuk bisa mencapai target tersebut. Selain upaya pihak pemerintah, sejumlah bank bahkan melakukan peningkatan investasi untuk mendukung target pemerintah.

Lebih lanjut Kim menambahkan bank-bank tersebut, di antaranya UBS, Deutsche Bank, CICC, dan Nomura yang merevisi target pertumbuhan menjadi 7,6 % atau lebih tinggi.

Pertumbuhan ekonomi di Cina tersebut juga terlihat dari peningkatan konsumsi energi listrik. Diperkirakan konsumsi listrik di Cina akan tumbuh lebih dari 9 % tahun ini, lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan konsumsi listrik pada tahun lalu yang hanya sebesar 5,5 %. Konsumsi tersebut terutama didorong oleh desain bangunan yang tidak efisien dan buruk.

Jim Yong Kim menambahkan, rencana pemerintah Cina menjadikan kawasan perdagangan bebas Shanghai sangat positif dan akan membantu meningkatkan daya saing negara. “Tiap negara di dunia berupaya agar menjadi kompetitif. Selain itu, saya kira kawasan perdagangan bebas ini akan membuat Cina lebih kompetitif.” **can

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ruas Sragen-Ngawi Diresmikan, Tol Merak-Surabaya Tersambung 690 Km

JAKARTAPemerintah secara bertahap menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Trans Jawa yang

TORO Indonesia Solusi Perawatan dan Pemeliharaan Lapangan Olahraga

JAKARTA-Rumput pada lapangan golf dan sepak bola memiliki peran yang