Bank Ekonomi Genjot Kucuran Kredit UMKM

Friday 8 Mar 2013, 1 : 31 pm
tribunnews.com

JAKARTA- PT Bank Ekonomi Raharja, Tbk terus berupaya menggenjot pembiayaan kredit usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) hingga mencapai target yang ditetapkan Bank Indonesia (BI) sebesar 20 %. “Porsi untuk UMKM akan terus digenjot hingga sesuai dengan aturan BI,” kata Direktur Jaringan dan Distribusi Bank Ekonom,  Gimin Sumalim di Jakarta, Jumat.

Menurut Gimin, pada 2012, porsi pembiayaan UMKM bank tersebut baru mencapai 10 % dari total kredit. Pihaknya saat ini terus berusaha untuk meningkatkan nilai kredit UMKM secara bertahap hingga mencapai target sebelum batas waktu tahun 2018. “Akan bertumbuh terus, tapi tidak bisa langsung. Harus bertahap. Batas waktunya, kan 2018,” tambahnya

Baca juga :  Longgarkan Kebijakan Makroprudensial, BI Revisi Aturan GWM

Bank Indonesia mengarahkan perbankan untuk menyalurkan porsi kredit UMKM sebesar 20 % yang mulai diterapkan pada 2018 dengan pelaksanaan secara bertahap sejak 2013.

Ketentuan itu merupakan upaya BI untuk meningkatkan akses ke UMKM dan untuk mendukung program inklusi keuangan sehingga bank diwajibkan untuk menyalurkan sebagian dananya ke UMKM.

Tahapan pelaksanaan ketentuan ini adalah dengan memberikan masa transisi sekitar dua hingga tiga tahun sebagai tahap persiapan dan tidak dikenakan disinsentif selama masa transisi itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

KOPITU

Ketua KOPITU: Penunjukan Arsjad Rasyid Timbulkan Conflict of Interest

JAKARTA-Penunjukan Arsjad Rasyid sebagai Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar

Turki Jadi Pintu Masuk Ekspor Indonesia

JAKARTA-Pemerintah Indonesia bergerak cepat mengejar peluang dengan mendorong eskpor guna