Bank Permata Gandeng Sriwijaya Air Jual Tiket Virtual

JAKARTA-Bank Permata menjalin aliansi dengan maskapai penerbangan nasional, Sriwijaya Air dalam mengembangkan pembayaran tiket perjalanan melalui metode virtual acccount. Pembelian tiket pesawat melalui virtual account merupakan terobosan yang dilakukan Bank Permata untuk meningkatkan fee based income dalam upaya meningkatkan laba bersih di 2013. “Untuk pembelian tiket Sriwijaya Air, nasabah bisa membayarnya di anjungan tunai mandiri (ATM), internet banking atau mobile banking. Kerja sama ini tentunya akan mendukung pencapaian fee based income sekitar 20-25 persen,” ujar Direktur Wholesale Banking PermataBank, Roy Arfandy di Jakarta, Senin (29/7).

Dia mengatakan, penggunaan metode vitual account diyakini akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas bagi nasabah untuk melakukan pembayaran cash.

Melalui skema pembayaran virtual tersebut, ujar dia, pelayanan bisa dilakukan di berbagai tempat dan waktu. “Tujuannya sudah jelah, memberikan kemudahan kepada nasabah. Pada akhirnya, hal ini juga akan menguntungkan Sriwijaya Air,” ucap dia.

Roy mengungkapkan, sejalan dengan pesatnya pertumbuhan industri transportasi nasional, maka perlu adanya terobosan untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi pengguna jasa transportasi. Pada layanan penjualan tiket penerbangan ini, lanjut dia, kedua belah pihak juga mengedepankan kecepatan dan keleluasaan bagi seluruh pelanggan.

Konsep Virtual Account PermataBank dan Sriwijaya Air, jelas Roy, nantinya setiap pelanggan akan mendapatkan 16 digit nomor pelayanan penerbangan. Sebanyak 16 digit itu terbagi atas empat digit Bank Identification Number (BIN), khusus untuk nomor Sriwijaya Air adalah 8777, sedangkan 12 digit merupakan kode transaksi pelanggan.

Di tempat yang sama, Direktur Utama Sriwjaya Air, Chandra Lie mengungkapkan, setiap hari Sriwijaya Air melayani penumpang rata-rata mencapai 800.000 orang. “Kerja sama dengan PermataBank diharapkan bisa memudahkan pelanggan kami dalam membeli tiket,” ujar dia.

Chandra menambahkan, kerja sama ini diyakini akan menguntungkan kedua belah pihak, karena nasabah PermataBank akan lebih memudah untuk memilih Sriwijaya Air sebagai alat transportasi. “Pembelian tiket dengan virtual account ini sebagai inovasi industri perbankan yang menguntungkan bagi industri transportasi,”  pungkas dia.

 

Baca :  Tingkatkan Literasi Keuangan Pelajar, BNI Syariah Gelar Direksi Mengajar di Kudus