Banser Tergerak Mengambil Sikap Tegas

Tuesday 24 Jan 2017, 4 : 58 pm
nu.or.id

JAKARTA-Barisan Ansor Serbaguna (Banser) mendesak negara tidak boleh kalah terhadap organisasi masyarakat (ormas) yang melakukan ancaman dan tindakan kekerasan. Apalagi terhadap Front Pembela Islam (FPI) dan ormas-ormas sejenis yang melakukan ancaman dan tindakan kekerasan serta kerap menyatakan ujaran kebencian sebagai model gerakannya. “Banser meminta negara segera ambil tindakan hukum yang tegas untuk menghindari terjadinya konflik horizontal,” kata Komandan Satuan Koordinasi Nasional Banser Alfa Isnaeni dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, (24/1/2017).

Menurut Alfa Isnaeni, masyarakat akhir-akhir ini disuguhi tontonan kekerasan yang didalangi segelintir orang yang menampilkan perilaku anarkis dengan mengatasnamakan agama. “Banser sebagai bagian dari warga bangsa, merasa tergerak untuk mengambil sikap atas situasi yang memprihatinkan tersebut,” tegasnya.

Banser menyerukan seluruh komponen bangsa yang mencintai NKRI untuk bahu-membahu menjaga tegaknya NKRI. Banser juga meminta kepada negara untuk segera bertindak tegas agar peristiwa tindak kekerasan tidak membahayakan kelangsungan kehidupan bernegara. “Kami juga menyerukan kepada seluruh jajaran Banser se-Indonesia untuk tetap siaga dalam satu komando,” jelas dia.

Sebelumnya, Ketua Pimpinan Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Bogor, Jawa Barat, menolak klaim seseorang yang mengaku imam besar umat Islam Indonesia. “Ada yang mengaku menjadi imam besar Indonesia, kami tidak sepakat, siapa pun orangnya” ujar Ketua PCNU Bogor KH Romdon di Cibinong, Kamis.

KH Romdon menambahkan sekitar 30 orang perwakilan ulama Bogor datang untuk menolak klaim itu dan aksi kerusuhan sekelompok oknum santri di Ciampea Jumat dini hari pekan lalu (13/1/2017). Karena juga sebagai umat Islam, kata Dia, ulama NU Bogor dan NU pusat tidak pernah merasa menunjuk seorang imam besar Indonesia.

Dalam pertemuan semalamt, para peserta sepakat mengeluarkan sembilan imbauan kepada masyarakat untuk menyikapi aksi radikal oleh kelompok yang mengaku ormas Islam pada kerusuhan di Ciampea dan isu imam besar.

Ia menyampaikan, pertemuan yang berlangsung dari pukul 20.30 WIB sampai 22.30 WIB itu berjalan baik dengan pandangan yang sejalan dari setiap perwakilan terhadap sikap ulama yang terdapat dalam sembilan imbauan yang dikukuhkan Rabu malam itu.

Imbauan kelima tertulis, kepada umat Islam Kabupaten Bogor khususnya warga Nahdatul Ulama untuk senantiasa menghormati dan tawadu kepada ulama-ulama NU dan tidak larut dan ikut gerakan kelompok tertentu yang ingin memproklamirkan seseorang menjadi imam besar umat Islam Indonesia.

KH Romdon meminta umat Islam tidak mudah terpancing gerakan untuk kepentingan kelompok tertentu dan mengharapkan masyarakat mendengarkan kejelasan dari para ulama sebelum bersikap atau mengikuti sebuah aksi serta tidak mudah terpancing oleh media sosial.

Dia juga mengimbau santri dan pengasuh pondok pesantren untuk lebih berhati-hati dan menghindari informasi negatif.

Ketua PCNU itu menganggap keterlibatan para santri yang kini menjadi tersangka sebanyak 12 orang dengan lima orang yang diberikan keringanan disversi karena berstatus di bawah umur oleh polisi dan dilimpahkan ke balai pemasyarakatan (Bapas) adalah efek globalisasi yang membuat wawasan negatif mudah masuk.

Oleh karena itu, Romdon mendukung langkah polisi menegakkan hukum terhadap para tersangka tanpa pandang bulu. “Kami mengimbau pihak kepolisian tidak takut dan tidak ragu untuk menindak tidak terkecuali umat Islam atau bukan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

WEGE Raih Penghargaan Marketing Continuity Brand

JAKARTA-PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) kembali mendapatkan apresiasi

Peresmian Tunisia–TIBA

TUNISIA-Kalangan pengusaha Indonesia dan Tunisia kini telah memiliki forum untuk