Bappenas Anugerahkan Banten Pangripta Nusantara

JAKARTA-Propinsi Banten menerima anugerah Pangripta Nusantara 2014. Award ini diberikan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Kriteria penerima anugrah ini, karena Pemerintah  Provinsi Banten dinilai  terbaik dalam hal penyampaian dokumen perencanaan pembangunan.

Ketua tim penilai independen Anugrah Pangripta Nusantara 2014, Herman Haeruman mengatakan, pemberian pengharagan ini berujuan untuk mendorong setiap daerah dalam menyampaikan dokumen perencanaan pembanguan dengan lebih baik. “Ini merupakan hasil penilaian tim independen yang terdiri dari tujuh orang pakar dan ahli,” terangnya

Dalam penilaian tim independen, lanjut Herman, dilakukan dengan berpedoman pada 3 tahap yang terdiri dari penilaian dokumen perencanaan, penilaian proses perencanaan, penilaian presentasi, dan wawancara. “Proses penilaian dilaksanakan sepenuhnya oleh Tim Penyelenggara Anugrah Pangripta Nusantara di Tingkat Nasional,” imbuhnya.

Dalam laporan itu, setidaknya ada 18 daerah yang berhak menerima Anugrah Pangripta Nusantara. Penerima penghargaan tingkat Provinsi, yakni Pangripta Nusantara Pratama kategori A, antara lain, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam dan Provinsi Banten. Sementara Pangripta Nusantara Pratama kategori B, antara lain,     Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Sulawesi tengah dan Provinsi Gorontalo.

Anugerah Pangripta Nusantara pratama kategori A, kategori Kabupaten/Kota, antara lain, Kabupaten Bintan, Kota Medan dan Kota Cilegon. Sedangkan Pangriprta Nusantara Pratama kategori B, antara lain, Kabupaten Gunung kidul, Kabupaten Rotendao dan Kabupaten Bengkulu Selatan. Sementara, Pangripta Nusantara Utama kategori A, yakni Kota Badung, Kota Magelang danKota Kendari. Dan untuk Pangripta Nusantara Utama kategori B, yakni Kabupaten Pasaman,    Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Aceh Barat. (ek)

Baca :  Pemerintah Gandeng Pengusaha Uni Eropa Hadapi Diskriminasi Sawit