BBM Dijual Mahal Rugikan Rakyat, Hambat Ekonomi

Tuesday 7 Jun 2016, 5 : 15 pm

JAKARTA–PT Pertamina (Persero) diminta mempertangung jawabkan kebijakannya menjual bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dan nonsubsidi lebih mahal dari harga seharusnya. “Pertamina harus menjelaskan kepada publik kemana hasil penjualan BBM yang mahal itu. Jika tidak bisa mempertanggungjawabkannya, berarti Pertamina merampok hak rakyat,” kata anggota Komisi VI DPR RI Bambang Haryo Soekartono, Selasa (7/6/2016).

Menurut Bambang, Pertamina tidak hanya menjual BBM nonsubsidi (keekonomian) lebih mahal dari harga seharusnya, tetapi juga menjual BBM subsidi lebih mahal dari BBM nonsubsidi. Buktinya, Pertamina membanderol solar subsidi Rp5.150 per liter, sementara solar nonsubsidi (industri) hanya dijual Rp4.500 per liter oleh PT Patra Niaga, anak perusahaan Pertamina.

BUMN itu juga menjual bensin lebih mahal dari negara lain. Sebagai perbandingan, harga RON 90 (setara Pertalite) di Malaysia hanya 1,2 ringgit atau Rp3.892 per liter, sementara harga Pertalite di Indonesia Rp7.100 per liter.

Demikian juga dengan Pertamax Plus (RON 95), Pertamina menjual seharga Rp8.450 per liter, sedangkan Petronas Malaysia menjualnya 1,7 ringgit atau Rp5.514 per liter.

Anggota Fraksi Partai Gerindra, Pertamina mengambil keuntungan terlalu besar dari selisih harga jual tersebut, apalagi dari selisih harga BBM subsidi dan nonsubsidi. Dengan asumsi subsidi solar Rp1.000 per liter dan harga solar industri Rp4.500 per liter, maka terdapat selisih Rp1.650 per liter yang masuk kantong Pertamina.

Apabila konsumsi normal solar sekitar 30.000 kiloliter per hari, berarti uang subsidi solar yang disedot Pertamina mencapai Rp49,5 miliar per hari atau Rp17,8 triliun per tahun. Dia juga prihatin karena dalam kondisi seperti ini, pemerintah justru berencana memangkas bahkan menghapus subsidi solar.

Dalam rancangan Perubahan APBN 2016 kepada DPR RI, pemerintah memangkas subsidi BBM dan LPG sebesar Rp23,1 triliun menjadi Rp40,6 triliun. Rencana ini disebut sejalan dengan upaya penghematan melalui kebijakan subsidi tetap solar Rp350 per liter mulai 1 Juli 2016.

Legislator dari Dapil Jatim I menilai pemerintah tidak berempati kepada rakyat yang sudah berkorban menggunakan kendaraan pribadi dan membayar BBM dengan harga mahal akibat transportasi publik dan insfrastruktur masih buruk. “BBM untuk kendaraan pribadi saja masih perlu disubsidi, apalagi untuk transportasi publik dan logistik. Kalau BBM murah, tarif logistik pasti murah, biaya produksi industri berkurang dan harga barang turun sehingga daya beli rakyat meningkat. Dampaknya, ekonomi akan tumbuh lebih tinggi,” jelasnya.

Don't Miss

Sempat Jatuh, Harga Minyak Mentah Kembali Melejit

JAKARTA-Harga minyak mentah dunia yang kemarin jatuh tergelincir berhasil bangkit dan
Peraturan Bupati Tangerang nomor 46 tahun 2018 tentang aturan jam melintas truk tidak efektif.

ATTB Lapor Polisi Terkait Aksi Kekerasan Terhadap Sopir Truk Tambang

TANGERANG-Asosiasi Transporter Tangerang-Bogor (ATTB) akan melaporkan tindak kekerasan yang dialami