Beli 25% Saham Asuransi Mitra Pelindung, MPMX Rogoh Kocek Rp332 Miliar

Ilustrasi

JAKARTA-PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) mengumumkan, perseroan telah memutuskan untuk membeli 25 persen saham milik PT Orchid Indonesia (terafiliasi) yang ada di PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika dengan nilai transaksi mencapai Rp332,05 miliar.

Transaksi afiliasi tersebut di sampaikan manajemen MPMX melalui keterbukaan informasi yang dipublikasi oleh Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (19/6).

Sebesar 25 persen saham Orchid di Asuransi Mitra Pelindung tersebut setara dengan 27.500 lembar saham.

Menurut Sekretaris Perusahaan MPMX, F Bernadeth Conny P dalam keterbukaan informasi perseroan, transaksi pemindahan hak atas saham bersyarat itu dilakukan oleh MPMX dan Orchid pada 17 Juni 2020. Kedua perusahaan memiliki hubungan afiliasi berupa pengendalian tidak langsung.

Baca :  Tambah Modal Rp1,23 Triliun, BSDE Siap Private Placement 1,92 Miliar Saham

Dia menyebutkan, transaksi pengambilalihan Asuransi Mitra Pelindung oleh MPMX didasari UU Perseroan Terbatas, karena sebelum dilakukan transaksi, MPMX sudah memiliki 62.562 saham yang mewakili 56,87 persen dari modal ditempatkan dan disetor Asuransi Mitra Pelindung Mustika.

Saat ini pemegang saham MPMX dikuasai PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) sebesar 52,21 persen, Morninglight Investments SARL sebesar 15,33 persen, Claris Investments Pte Ltd sebesar 6,8 persen, publik sebesar 22,07 persen dan saham treasuri sebesar 3,59 persen