Benny Rhamdani: Rektor Asing Tak Akan Melunturkan Rasa Nasionalisme

Monday 5 Aug 2019, 10 : 42 am
by
Benny Rhamdani
Politisi Partai Hanura, Benny Rhamdani bersalaman dengan Presiden Joko Widodo

Sejauh ini, baru ada 3 PT yang telah mencatatkan dirinya di level internasional versi QS-WUR. Itupun masih di tataran 500 besar saja, masing-masing diraih oleh UI (ranking 296), UGM (320) dan ITB (331).
Karena itu, berkacara dari kondisi di atas wajar kiranya kemudian Menristek dan Presiden melontar gagasan tersebut.

Politisi Partai Hanura ini memastikan gagasan itu tidak akan melunturkan sedikitpun rasa nasionalisme dan kebangsaan. Namun juga menjadi bukti kecintaan untuk menyiapkan para kader penerus bangsa untuk menghadapi dunia yang berubah pesat.

Menurutnya, para lulusan perguruan tinggi mesti memiliki bekal kompetensi dan kemahiran yang sesuai dengan kebutuan pasar kerja. Untuk itu, harus dibekali dengan wawasan global untuk melihat trend yang sedang berkembang.
Sehingga para lulusan perguruan tinggi bukan hanya menjadi pemasok tenaga kerja yang handal tapi juga mampu berpikir kreatif menciptakan lapangan kerja dengan menciptakan bisnis-bisnis yang berbasis teknologi dan mampu berkompetisi di tingkat internasional.

Namun demikian, kebijakan pengadaan rektor asing mesti didahului dengan kajian yang matang, penyiapan insfrastruktur dan pranata kebijakan serta dukungan insentif yang memadai. Kebijakan ini juga mesti dilakukan secara gradual dengan piloting beberapa perguruan tinggi yang relatif memiliki kesiapan.

Pada akhirnya, semua kebijakan pemerintah akan tidak banyak artinya tanpa dukungan publik. Oleh karenanya pemerintah perlu menguatkan pranata regulasi dengan meminta masukan berbagai pemangku kepentingan, baik kalangan akademisi, parlemen (DPR dan DPD) dan organ-organ kemahasiswaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Dukung Pariwisata Bali, Dephub Bangun 3 Dermaga Penyeberangan

DENPASAR-Sebanyak 3 Dermaga Penyeberangan akan mulai dibangun pada Februari 2020

Merisaukan Meningkatnya Pengangguran Milenial Terdidik

JAKARTA-Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Bidang