Berantas Penyelundupan, Dirjen SPK ‘Jemput Bola’ ke Pasar

Wednesday 28 Oct 2015, 9 : 12 pm
by

JAKARTA – Direktur Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK) Widodo melakukan jemput bola langsung ke pasar-pasar untuk berdialog dengan pedagang.

Strategi ‘jemput bola’ ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman ketentuan perlindungan konsumen, pengawasan barang beredar dan penegakan hukum sebagai upaya menindaklanjuti arahan Presiden dalam memberantas penyelundupan.

Direktur Jenderal SPK Widodo menjelaskan aksi jemput bola secara langsung ini guna mengetahui barang-barang yang tidak sesuai standar.

“Kita melakukan dialog terkait peraturan baru di bidang perlindungan konsumen. Kita ingin agar r mereka mudah memahami ketentuan di bidang perlindungan konsumen, barang beredar, dan kepabeanan karena pedagang pengecer merupakan penyalur yang langsung berhubungan dengan konsumen akhir dalam melakukan transaksi,” ujarnya.

Baca juga :  Platform Perdagangan Elektronik "mandy" Dapat Dana Investor USD500 Juta

Guna mendukung upaya perlindungan konsumen ini, Dirjen SPK menggandeng Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan dan Bareskrim Mabes Polri.

Selain itu, dilakukan pula sosialisasi peraturan-peraturan yang dideregulasi pada Paket Kebijakan Ekonomi yang dikeluarkan oleh Pemerintah untuk memberikan berbagai kemudahan bagi para pelaku usaha.

Peraturan-peraturan itu antara lain Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 73/MDAG/PER/9/2015 Tentang Kewajiban Pencantuman Label Dalam Bahasa Indonesia Pada Barang yang berlaku sejak 1 Oktober 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Industri Alas Kaki Agresif Ekspansi Bangun Pabrik

JAKARTA-Industri alas kaki dan kulit nasional merupakan salah satu sektor

Pemerintah Bebaskan BM Impor Mesin Untuk Pengembangan Industri

JAKARTA-Pemerintah membebaskan bea masuk (BM) atas impor mesin serta barang