Berencana Beli Kapal, PSSI Utang USD20 Juta ke Citibank

ilustrasi

JAKARTA-PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) memutuskan untuk berutang sebesar USD20 juta kepada Citibank NA Jakarta Branch dalam upaya memperkuat kegiatan usaha, termasuk pembelian kapal Bulk Carrier (MV) dan menambah pendapatan usaha.

Hal tersebut disampaikan manajemen PSSI dalam keterbukaan informasi perseroan yang dilansir Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Rabu (14/10).

“Nilai pinjaman sebesar USD20 juta, dengan tenor selama 30 bulan,” kata Corporate Secretary, Imelda Agustina Kiagoes.

Manajemen PSSI mengungkapkan, dana pinjaman tersebut akan dimanfaatkan oleh perseroan untuk memperkuat kegiatan usaha PSSI, termasuk pembelian armada kapal Bulk Carrier dan untuk menambah pendapatan usaha perseroan.

“Pinjaman dana tersebut akan memperkuat likuiditas perseroan dan peningkatan kinerja operasional,” terangnya.

Baca :  Citi Dinobatkan Sebagai Best Bank di 8 Negara Asia

Sementara itu, PSSI mengaku bahwa keputusan untuk menerima fasilitas pinjaman dari Citibank tersebut akan berdampak positif bagi kelangsungan usaha perseroan.

“Tidak ada dampak material di bidang hukum, karena pelaksanaan perjanjian sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” demikian disebutkan oleh manajemen PSSI.

Sebelumnya (13/10), Presiden Direktur PSSI, Alex Iriawan Ibarat mengaku bahwa per Kuartal III-2020 perseroan mencatatkan total kontrak jangka panjang senilai USD101 juta. Jumlah ini termasuk kontrak terakhir yang berhasil dicapai untuk pengangkutan batubara dan multi kargo senilai USD30,2 juta.