BI 7-Day Reverse Repo Rate Tetap 5,25%

Saturday 20 Aug 2016, 2 : 24 am
by
Bank Indonesia

JAKARTA-Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI 7-day RR Rate) sebesar 5,25%, dengan Suku bunga Deposit Facility (DF) sebesar 4,50% dan Lending Facility (LF) diturunkan sebesar 100 bps dari 7,00% menjadi sebesar 6,00%.  “Keputusan ini untuk meningkatkan efektivitas transmisi kebijakan moneter. Sesuai dengan pengumunan BI April lalu, BI menggunakan BI 7-day RR Rate sebagai suku bunga kebijakan menggantikan BI Rate,” ujar Kepala Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara, Jumat (19/8).

Selain itu, jelasnya BI juga akan menjaga koridor suku bunga yang simetris dan lebih sempit, yaitu batas bawah koridor (DF Rate) dan batas atas koridor (LF Rate) berada masing-masing 75 bps di bawah dan di atas BI 7-Day RR Rate.

Keputusan tersebut di atas sejalan dengan upaya untuk menjaga stabilitas makroekonomi dengan tetap memelihara momentum pertumbuhan ekonomi domestik di tengah masih melemahnya pertumbuhan ekonomi global. “BI memandang bahwa dengan terjaganya stabilitas makroekonomi, khususnya inflasi yang terkendali pada kisaran sasaran, defisit transaksi berjalan yang membaik, dan nilai tukar yang relatif stabil, maka ruang bagi pelonggaran moneter masih terbuka,” tuturnya.

BI kata Tirta akan mencermati kondisi ekonomi domestik dalam jangka pendek ke depan serta perkembangan perekonomian global, terutama kemungkinan kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (Fed Fund Rate).

Untuk itu, bank sentral akan terus memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan melalui percepatan implementasi reformasi struktural.  “BI juga berkoordinasi dengan Pemerintah menyiapkan langkah kebijakan yang antisipatif agar implementasi UU Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) dapat berjalan baik dan mendukung upaya penyesuaian fiskal yang dilakukan oleh Pemerintah,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ketua umum KOWANI, Giwo Rubianto Wijogo

KOWANI Dorong Perempuan Ambil Peran Pada Pemilu 2024

JAKARTA-Pemilu 2024 hanya tinggal beberapa bulan, apalagi terdapat 3 pasangan

Kecepatan Dalam Bekerja, Kunci Birokrat Antisipasi Perubahan Dunia

JAKARTA-Presiden Joko Widodo menegaskan kepada para pejabat kementerian dan lembaga